Es Pot, Es Krim dalam Pot Bunga Ditaburi Oreo & Cokelat

0
3044

BATAM, test.test.bisniswisata.co.id: Inovasi makanan dan minuman semakin kreatif, unik dan menarik. Di Batam, ada sajian minuman es krim yang lain dari lainnya. Lainnya karena disajikan mirip dalam pot bunga namanya Es Pot Makboy yang mangkal di Jalan Raden Patah, samping kiri Studio 21 lama, Baloi.

Es pot dikelola pemuda bernama Putra Endah Lesmana ini, adalah es krim berkemasan pot kecil. Isinya dibuat mirip dengan tanaman di pot-pot bunga. Ada bunganya, batang, tanah hitam, hingga ada cacingnya.

Kecuali bunga, semua item itu bisa makan karena item-item tersebut memang terbuat dari bahan makan. Cacing misalnya, adalah cincau yang diiris panjang. Sedangkan tanah hitam adalah bubuk biskuit oreo.

“Tanahnya itu dari Oreo, cacingnya ada dari cincau, ada juga dari yupi. Memang sengaja kami buat semirip mungkin dengan tanaman di pot. Sementara untuk pot dan bunganya hanya sebagai penghias saja,” ucap Pemilik Es Pot Makboy.

Es pot Makboy ini cukup laris manis. Setiap hari, selalu ada pengunjung yang membeli. Malah persediaannya selalu habis. Daya tariknya bisa jadi karena keunikannya yang menggunakan media pot, kedua dari segi rasanya.

Ada tiga varian es pot yang ditawarkan. Ada rasa vanila, cokelat dan strawberry. Harganya masih bisa dijangkau untuk sekelas pelajar. Ditawarkan mulai Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per porsinya. “Semua kalangan bisa. Harganya juga menjangkau untuk anak-anak sekolahan,” katanya seperti diunduh laman tribunnews.com, Sabtu (12/09/2015).

Kehadiran es pot Makboy di Batam, lanjut Putra, terinspirasi dari makanan-makanan ringan yang dilihatnya saat berkunjung ke Yogyakarta. Di sana, es dengan media pot ini cukup diminati di kalangan mahasiswa.

Selang beberapa bulan kemudian, Putrapun membuka usaha es pot Makboy. Untuk Batam sendiri, es dengan media pot ini masih terbilang jarang ditemui. “Es pot Makboy ini baru jalan dua bulan. Di Batam masih jarang. Kalaupun ada beda dengan kami,” ucap Putra.

Selain menyajikan es pot Makboy, Putra juga menyuguhkan Kesuke. Pertama kali mendengar nama ini, mungkin yang terlintas di benak bahwa itu adalah makanan dari Jepang.

Makanan ini juga masuk dalam kategori makanan tradisional yang dikreasikan Putra. “Kesuke itu kepanjangan dari Ketan Susu Keju. Ini cemilan tradisional Indonesia karena terbuat dari ketan asli,” kata Putra.

Ada 20 varian rasa Kesuke yang ditawarkan. Menyantap Kesuke ini lebih maknyos ditambah dengan kuah susu. Rasanya berbeda. Kehadiran susu steril juga bermanfaat untuk menghilangkan neg ketika menyantap makanan berbahan ketan ini. Ketan susu nutela keju, kesuke mix es krim oreo chip cokelat, kesuke pisang keju cokelat, termasuk best seller di sini. Seporsinya ditawarkan mulai Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu. (*)

LEAVE A REPLY