Enam Manfaat Berwisata Museum

0
5335
Museum Gunung Merapi dikunjungi wisatawan nusantara

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Berwisata ke museum memang belum menjadi lifestyle di Indonesia. Mereka lebih suka ke mall ketimbang museum. Sehingga minat berkunjung ke museum semakin memudar. Kondisi ini juga menjangkiti anak-anak.

Pergi ke tempat penyimpanan benda-benda sejarah masa lalu, terpaksa dilakukan anak-anak karena ada tugas belajar sekolah.
Padahal, melancong ke museum, banyak memberikan informasi, pengetahuan, serta fakta-fakta yang bisa kita dapatkan pada masa lampau.

Suasana liburan sekolah juga untuk mengisi weekend, tak ada salahnya mengajak anak-anak, teman mengunjungi museum terdekat. Mengingat, banyak manfaat yang didapat berlibur ke museum?


01. Referensi visual

Anak-anak mungkin belajar mengenai sejarah, geografi, dan ilmu lainnya di sekolah melalui buku pelajaran mereka. Ketika anak berkunjung ke museum dan melihat sesuatu secara visual, maka ia akan mendapatkan pemahaman yang lebih.


02. Perspektif waktu

Anak-anak mungkin bisa bingung dengan waktu dari berbagai peristiwa di dunia, baik itu sejarah, politik, dan lainnya. Museum biasanya menggunakan grafik, angka, dan sumber lainnya untuk menempatkan suatu peristiwa dunia dengan perspektif waktu.Ini pun akan membuat anak memiliki perspektif waktu yang lebih luas tentang sebuah peristiwa di dunia.

03. Melihat nuansa berbeda
Museum adalah tempat yang baik untuk anak-anak mendapatkan nuansa dunia yang belum pernah mereka lihat. Contohnya, mereka bisa melihat fosil dinosaurus, koin-koin atau mata uang kuno, dan lain sebagainya. Dengan ini, mereka bisa mempelajari kehidupan ratusan tahun sebelumnya.

04. Memancing imajinasi
Dengan mengajak anak berkunjung ke museum, anak akan berpikir tentang bagaimana sebuah pesawat dapat bekerja dengan melihat replika pesawat, mereka juga bisa langsung bertanya-tanya tentang apapun yang mereka lihat di museum. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa ingin tahu anak dan mereka menjadi kaya akan pengetahuan.

05. Berinteraksi banyak orang
Mengunjungi museum dapat menjadi kegiatan sosial yang mengubah pengalaman anak, misalnya berkunjung dengan kelompok keluarga atau saudara-saudara dan teman-temannya. Anak bisa saling bertanya atau mengobrol dengan teman-teman sebayanya. Anak juga bisa mendapatkan teman baru ketika berkunjung ke museum.


06. Membantu Minat

Ini maksudnya adalah museum dapat berperan pentin dalam membantu anak-anak untuk mengetahui minat mereka. Misalnya, anak memiliki minat terhadap mumi Mesir dan tak sengaja melihat transportasi kuno di sebelahnya. Itu bisa menjadi kemunculan ketertarikan minat baru mereka.

Itulah beberapa hal penting mengapa harus mengajak anak liburan ke museum. Jika Anda belum memiliki anak, Anda juga bisa mengajak adik, saudara, atau keponakan untuk mengunjungi museum di akhir pekan ini.@

LEAVE A REPLY