Elton John Pensiun Manggung

0
80
Elton John (Foto: Facebook)

LONDON, bisniswisata.co.id: Jadwal tur konser Elton John yang padat membuat musisi gaek ini, merasa cukup. Apalagi usianya tidak lagi muda. Penyanyi solo jago bermain piano memutuskan mengakhiri turnya di usia 70 tahun. Pengumuman pensiun manggung diumumkan John akhir Januari 2018.

“Aku tidak akan tur lagi. Ini enjadi tur dunia terakhirku karena prioritas dalam hidupku berubah. 10 tahun lalu, saat ditanya apakah aku akan berhenti tur, aku bilang tidak. Aku selalu berpikir aku akan seperti Ray Charles, BB King di jalanan selamanya,” kata John, dikutip dari BBC, Rabu (14/03/2018)

Legenda hidup ini memutuskan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah bersama kedua anaknya, Zachary dan Elijah, serta sang suami, David. Selama ini, Elton sadar banyak melewatkan momen-momen penting dalam tumbuh kembang kedua anaknya. Dia dan David duduk bersama dan melihat serangkaian jadwal sekolah anaknya seraya berkata, “Aku tidak ingin terlalu banyak melewatkan ini,” ucapnya.

Tetapi, bukan berarti Elton sama sekali berhenti dari karier bermusiknya. Dia berjanji tetap produktif selama masih bisa. “Itu tidak berarti aku tidak akan lagi kreatif. Aku hanya akan berhenti traveling. Aku tidak berhenti bermusik. Aku akan membuat lebih banyak rekaman. Aku akan lebih banyak menulis musikal,” katanya.

John punya pekerjaan rumah menyelesaikan tur Farewell Yellow Brick Road di Amerika mulai September 2018. Setelah Amerika, penyanyi menyandang gelar Sir dari Kerajaan Inggris, membawa turnya ke Asia dan Eropa. “Aku tak ingin mengakhiri dengan tangisan, tapi dengan suatu ledakan, pertunjukkan paling fantastis yang pernah aku lakukan,” ujar John dikabarkan menderita infeksi bakteri berpotensi mematikan.

John juga membatalkan semua jadwal konsernya selama April dan Mei. Meski jenis infeksi tak diidentifikasi, sebuah pernyataan menyatakan ia terjangkit infeksi bakteri yang berbahaya selama melakukan tur di Amerika Selatan, yang berakhir di Cile pada 10 April 2017.

Beruntung para penggemar Elton justru mendoakan kesembuhan idolanya, kendati mereka harus menelan kekecewaan akibat pujaannya itu membatalkan konser. Di samping doa yang tulus dari para penggemarnya, serangkaian harapan untuk kesembuhan Elton juga datang dari rekan sesama selebritas.

Seperti diketahui, John menjual 300 juta rekaman sepanjang kariernya dan memiliki kekayaan Rp7 triliun. Tidak hanya populer sebagai musisi, Elton John juga dikenal sebagai dermawan yang rajin beramal.

Lahir dengan nama Reginald Kenneth Dwight pada 25 Maret 1947, Elton John dibesarkan di London dari pasangan Stanley Dwight dan Sheila Eileen. Boleh dibilang talenta bermusik pria berkacamata yang kerap tampil nyentrik ini, terlihat di usia yang masih amat belia. Ya, Elton kecil belajar bermain piano pada usia 4 tahun.

Pada 1962, Elton membentuk sebuah band. Dia bertemu Bernie Taupin pada 1967 dan keduanya bekerja sama menulis lagu untuk musisi pada masa itu. Dua tahun kemudian, Elton merilis album sendiri bertajuk “Empty Sky”. Setahun kemudian meluncurkan “Your Song” dapat sambutan luar biasa dari penikmat musik di Inggris. Lagu ini masuk jajaran 10 tangga lagu teratas di Inggris, termasuk Amerika Serikat, dan menjadi single hit perdananya.

Sepanjang kariernya, banyak prestasi yang diraih Elton John. Grammy Awards, Brit Awards, Academy Award, Golden Globe Award, Tony Award, dan banyak lagi. Juga lagu ciptaannya Candle in the Wind, dibuat khusus untuk mendiang Putri Diana. Dia membawakan lagu ini pada pemakaman Putri Diana di Westminster Abbey tahun 1997, juga sebuah pesta di Kerajaan Inggris tahun 2002, dan saat perhelatan konser Queens Diamond Jubilee di luar Istana Buckingham pada 2012.

Dikutip Dailymail, sejak 1980, Elton John menjadi pendukung penuh dalam kampanye melawan AIDS dan mendirikan Elton John AIDS Foundation pada 1992. Sayangnya, tahun lalu pria ini harus menerima kenyataan terserang bakteri yang berpotensi mematikan ketika mengikuti tur ke Amerika Selatan.

Hal ini menyebabkan Elton terpaksa membatalkan sembilan pertunjukan di Las Vegas dan California. Meski begitu, dia tetap tampil dalam 87 pertunjukan di Eropa dan Australia, termasuk di Las Vegas, The Million Dollar Piano. Elton juga muncul di film Kingsman: The Golden Circle.

Sepanjang kariernya, menurut Celebrity Net Worth, John Menjual lebih dari 300 juta rekaman. Sehinga masuk daftar 26 Selebritas dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2017 versi Forbes setelah membukukan pendapatan Rp826 miliar pada 2017. Tur Farewell Yellow Brick Road yang dilakukannya menjadi sumber penghasilan Elton John.

Menurut The Richest, kontraknya dengan MCA yang ditandatangani pada 1974 menghasilkan Rp110 miliar setelah perusahaan rekaman itu mengambil asuransi Elton John senilai Rp344 miliar. Elton juga mendapat pendapatan bersih senilai Rp275 miliar dari hasil lima pertunjukan di New Yorks Madison Square Garden tahun 1988.

Empat tahun kemudian, dengan Bernie Taupin, Elton menandatangani kontrak musik dengan Warner/Chappell Music untuk jangka waktu sembilan tahun senilai Rp537 miliar. Soal aset, Elton mendapat sekitar Rp65 miliar dari penjualan mobil-mobilnya, termasuk Jaguar 1993 XJ220, Rolls Royce, Bentleys, dan Ferrari. Elton juga menerima Rp17 miliar dari penjualan rumahnya di Londons Holland Park.

Dalam pesta pernikahan pembawa acara radio dan komentator politik Rush Limbaugh yang keempat, Elton John diberi honor fantastis, yaitu Rp13 miliar pada 2010. Sementara dari tur Greatest Hits, dia mendapatkan keuntungan Rp502 miliar. Namun, total pendapatan kotor dari 102 pertunjukan langsungnya pada 2013 menembus angka Rp2,8 triliun. Sejak saat itu, Elton menghasilkan lebih dari Rp551 miliar setiap tahunnya.

Harta berlimpah yangdimilikinya tidak hanya digunakan untuk kesenangan pribadi. Elton ternyata sangat suka beramal. Penyanyi yang pernah menerima enam kali piala Grammy Awards ini mendirikan sebuah yayasan amal yang fokus pada penderita AIDS bernama Elton John AIDS Foundation.

Anak sulung Stanley (ayah) dan Sheila Eileen Dwight (ibu) ini mendirikan yayasan tersebut setelah kematian dua sahabatnya, Ryan White dan Freddie Mercury, karena terinfeksi virus mematikan tersebut. Atas dasar itulah, John merasa perlu meningkatkan kesadaran orang-orang tentang bahaya HIV/AIDS.

Mengenai urusan asmaranya, Elton yang sebelumnya pernah menikah, tetapi bercerai, dengan Renate Blauel akhirnya mengumumkan kepada publik bahwa dia menjalin hubungan dengan David Furnish. Pernikahan keduanya diadakan pada 21 Desember 2014. David Furnish adalah mantan eksekutif di perusahaan periklanan yang sekarang menjadi pembuat film. Elton dan David memiliki dua putra, Zachary dan Elijah. Zachary dilahirkan dari ibu pengganti pada Desember 2010 di California, sedangkan Elijah lahir tiga tahun berikutnya pada Januari. (NDY)

LEAVE A REPLY