Eleven Madison Park, Kedua Kali Terpilih Restoran Terbaik Dunia

0
216
Sajian Eleven Madison Park

NEW YORK, Bisniswisata.co.id: Kedua kalinya dalam sejarah 15 tahun, penghargaan World’s Best Restaurant memberikan penghargaan restoran terbaik di ‘bumi’ pada restoran di luar Eropa.

Restoran Eleven Madison Park di New York berhasil menurunkan posisi Osteria Francescana di Italia ke posisi dua. Dia juga berhasil mendorong restoran Spanyol El Celler de Can Roca ke posisi tiga, setelah tujuh tahun merangkak naik di ‘tangga kuliner.’

Eleven Madison Park adalah pemenang pertama restoran terbaik dunia dari Amerika yang pertama kali dalam beberapa tahun terakhir. Terakhir kali, posisi puncak ini sempat digawangi oleh restoran Amerika, California French Laundry pada 2004 lalu.

Eleven Madison Park dipimpin oleh chef kelahiran Swiss Daniel Humm, bersama dengan rekanannya Will Guidara. Mereka menawarkan aneka kuliner Eropa modern dengan twist New York. Restoran tersebut menempati sebuah gedung art deco di Manhattan Madison Park.

“Saya bekerja dengan teman baik dan ini berarti kalau kami sukses, kami sukses bersama dan saat jatuh, kami jatuh bersama,” kata Guidara kepada CNN, Kamis (06/04/2017).

“Kami ingin menciptakan satu dari ruang makan terbaik dunia namun ini semua bisa terjadi karena kami saling memiliki. Tak ada apapun di dunia yang tak bisa kami lakukan.”

Upacara penobatan dan pemberian penghargaan ini bertempat di Melbourne Royal Exhibition Building, Australia, Rabu (5/4). Acara ini dihadiri oleh banyak nama besar di dunia kuliner, termasuk chef ahli molecular gastronomy Heston Blumenthal.

Kehadiran Heston di ajang ini bukan hanya sebagai bintang tamu melainkan penerima Lifetime Achievement Award.

Pemenang lainnya adalah chef Dominique Ansel yang menciptakan cronut. Dia mendapatkan gelar sebagai World Best Pastry Chef. The Chef Award-sebuah penghargaan yang dipilih oleh rekan koki- dimenangkan oleh Virgilio Martinez dari Central di Lima, Peru.

Restoran Disfrutar di Barcelona dinobatkan sebagai restoran yang harus diperhatikan 2017. Sedangkan Spain El Celler de Can Roca meraih penghargaan Art of Hospitality Award. Chef Ana Ros dari Slovenia juga dinobatkan sebagai koki perempuan terbaik dunia.

Berikut daftar 25 restoran terbaik di dunia:
1. Eleven Madison Park (New York)
2. Osteria Francescana (Modena, Italia)
3. El Celler de Can Roca (Girona, Spanyol)
4. Mirazur (Menton, France)
5. Central (Lima)
6. Asador Etxebarri (Biscay, Spanyol)
7. Gaggan (Bangkok)
8. Maido (Lima, Peru)
9. Mugaritz (San Sebastian, Spain)
10. Steirereck (Vienna)

11. Blue Hill at Stone Barns (Pocantico Hills, New York)
12. Arpege (Paris)
13. Alain Ducasse Au Plaza Athenee (Paris)
14. Restaurant Andre (Singapura)
15. Piazza Duomo (Alba, Italia)
16. D.O.M. (Sao Paulo, Brasil)
17. Le Bernardin (New York)
18. Narisawa (Tokyo, Jepang)
19. Geranium (Kopenhagen)
20. Pujol (Meksico)

21. Alinea (Chicago)
22. Quintonil (Meksiko)
23. White Rabbit (Moskow)
24. Amber (Hong Kong)
25. Tickets (Barcelona) (*/cnn)

LEAVE A REPLY