Ed Sheeran Musisi Terlaris 2017

0
85
Ed Sheeran

LONDON, bisniswisata.co.id: Penyanyi papan atas Taylor Swift, Adele dan Beyonce mulai tergeser posisinya. Kini waktunya Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Ed Sheeran yang meraja sebagai musisi paling laris sepanjang 2017. Daftar itu baru dirilis Senin (26/2/2018).

Menurut hitungan International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), bercokolnya Sheeran di posisi puncak musisi terlaris berkat album Didive. Album yang rilis Maret 2017 itu meraih multi-Platinum di 36 negara. Belum lagi lagu Shape of You dan Perfect.

Shape of You, mengutip Reuters, Selasa (27/02/2018) merupakan lagu paling laris secara global sepanjang 2017. IFPI menghitung lagu itu juga meraih multi-Platinum, meski hanya di 32 negara.

Perfect juga menyumbang banyak untuk Sheeran. Lagu itu hingga kini masih diputar di radio-radio di berbagai negara. Musisi jalanan di Eropa, Amerika sampai Asia pun menyanyikannya. Data IFPI mencatat, baru kali ini ada musisi yang punya album sekaligus lagu terlaris.

Ini bukan pertama kalinya nama Sheeran masuk daftar IFPI. Sang pelantun Photograph itu pernah menduduki peringkat kedua musisi terlaris pada 2015, di antara Adele yang menduduki peringkat pertama dan Taylor Swift di peringkat ketiga. Melengkapi lima besar musisi terlaris tahun itu, ada Justin Bieber dan One Direction, sebelum band itu bubar.

Tahun ini, di posisi kedua ada Drake dengan albumnya More Life. Sementara di posisi ketiga, lagi-lagi ada Taylor Swift yang merilis Reputation pada November 2017. Sheeran merupakan musisi asal Inggris yang menemukan kesuksesannya pada 2009 dan tahun 2010. Selama dua tahun berturut-turut ia merilis musiknya sendiri hanya secara online.

Penyanyi dengan rambut berwarna seperti jahe itu kemudian membetot perhatian Warner Music, yang hingga kini menjadi label rekamannya. Sejak 2011, ia meluncurkan album dengan simbol Matematika yang kemudian menjadi ciri khasnya. Ada Plus, Multiply dan terbaru Divide.

“Ed adalah penulis lagu, vokalis sekaligus penampil yang luar biasa, yang punya kemampuan untuk mengisahkan cerita dan membuat orang merasa [terkait]. Itulah yang membuatnya tersorot di tengah keramaian,” ujar Max Lousada, perwakilan dari Warner Music Group.

Sementara album terlaris kedua diraih Rapper asal Kanada Drake dengan album More Life, sementara album ‘Reputation’ Taylor Swift berada di urutan ketiga, meski baru dirilis pada bulan November 2017.

Ini seakan menjadi tahun yang indah bagi Sheeran. Selain lagunya diputar di mana-mana dan dinobatkan sebagai musisi terlaris, ia juga baru mengumumkan pertunangannya dengan Cherry Seaborn. Ia merupakan kawannya sejak usia 11 tahun dan yang menjadi inspirasi Perfect. (NDHYQ)

LEAVE A REPLY