Dubai Keluarkan Pedoman Standar Hotel Syariah

0
268

DUBAI, Bisniswisata.co.id: Kota Dubai mengeluarkan keputusan administratif mengenai pedoman standard hotel syariah. Dengan adanya keputusan ini, setiap hotel yang mengklaim syariah harus memenuhi persyaratan, kondisi, dan instruksi yang ditetapkan.

Direktur Departemen Pendirian Bangunan Kota Dubai Eng Layali Al Mulla mengatakan keputusan itu bertujuan mempromosikan pariwisata yang ramah, aman bagi keluarga, terutama ketika banyak wisatawan Muslim. Banyak wisatawan Muslim berharap dapat menikmati suatu lingkungan yang tidak melanggar privasi dan syariat agama.

“Praktik penerapan persyaratan standard hotel syariah akan diterapkan dalam konsep sederhana, misalnya soal penyediaan makanan dan minjman halal, serta aspek operasional, transaksi, dan administrasi hotel yang sesuai dengan hukum Islam,” ujarnya seperti dilansir dari Khaleej Times, Ahad (09/04/2017).

Dubai ingin mengembangkan konsep tersebut dengan perspektif komprehensif yang memperhitungkan aspek hukum dan budaya, serta standard tinggi hotel modern. “Pedoman ini juga termasuk standard administrasi dan operasional hotel seperti makanan, minuman, privasi, pakaian, transaksi, toleransi, waktu shalat, kesehatan masyarakat dan kepatuhan syariah,” kata Al Mulla.

Menurut dia, hotel-hotel syariah di Dubai nantinya akan memenuhi standard budaya Islam dan lokal Arab, mematuhi hukum syariah, menyediakan jasa akomodasi dan perhotelan yang mampu menjaga privasi wisatawan, serta menonjolkan identitas nasional dan budaya Uni Emirat Arab (UEA). Misalnya melalui elemen arsitektur, seni Islam dan kaligrafi.

“Mereka akan mengedepankan manajemen dan layanan yang memberikan suasana kehangatan keluarga, memperhatikan prinsip syariah serta tradisi masyarakat Islam,” ujar Al Mulla. Apabila pedoman tersebut dipenuhi, dia optimistis hotel syariah bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Islam. (*/KHC)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.