Dongkrak Pariwisata, Bandung Serius Garap MICE

0
215
Acara Meeting and Conference, bagian wisata MICE

BANDUNG, Bisniswisata.co.id: Kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara saat weekday atau pertengahan minggu di Kota Bandung belum optimal. Padahal, jumlah hotel bintang maupun non bintang terus membengkak saat ini mencapai 300 mhotel, sementara tingkat hunian kamar hotel belum sesuai harapan.

Melihat situasi itu, Bandung seriusi menggarap Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) sekaligus akan membentuk Bandung MICE Forum, dengan harapan grafik kunjungan wisatawan meningkat. “Berbagai inovasi dan teroboson terus kita lakukan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan,” papar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari seperti dikutip laman wartaekonomi.com, Sabtu (05/08/2017).

Dikatakan, untuk menggairahkan wisata MICE di Bandung akan meminta dukungan dari pihak hotel di Kota Kembang, terutama yang memiliki ruang konvensi yang memadai. “Selain pihak hotel, juga mendorong asosiasi bisnis, lembaga profesi, komunitas sosial, perusahaan, perkumpulan keluarga/marga, yang semua itu berpeluang menjadi costumers wisata MICE,” paparnya.

Sebelumnya Wiryanti Sukamdani, anggota MPR yang punya bisnis perhotelan dan convention center pernah mengatakan agar Pemerintah lebih banyak mendorong MICE. Juga mengharapkan semua pihak agar menggelar pertemuan dan rapat yang skalanya internasional agar dilakukan di Indonesia.

“Wisata MICE akan menambah jumlah wisatawan asing ke Indonesia, tentunya setelah mereka rapat dan menggelar pertemuan besar, mereka akan tamasya dan belanja, itu akan menambah jumlah dan membantu pengembangan pariwisata. Saya sangat setuju dengan strategi pengembangan wisata MICE,” lontarnya.

Dilanjutkan, MICE merupakan bagian pengembangan pemasaran wisata Nusantara maupun internasional. ”Walaupun presentasenya hanya 5 persen dalam portfolio produk pariwisata, namun wisata MICE 25 persen sangat berpengaruh mendatangkan wisatawan,” ungkapnya.

Yanti berharap pariwisata terus melakukan promosi, event, terus melakukan terobosan untuk memajukan Indonesia. “Pengembangan wisata pertemuan dan konvensi harus terus digenjot, optimalisasi promosi di 10 destinasi MICE harus digalakkan. Saya menghimbau kepada semua pihak, ayo mengadakan pertemuan di Indonesia. Pabrik-pabrik terkenal laksanakan pertemuan di Indonesia, di Bali, Jakarta, Bandung, biar wisata MICE bisa semarak,” sarannya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY