Dongkrak Kunjungan Wisatawan, China Kampanye Revolusi Toilet

0
178
Toilet di China

BEIJING, Bisniswisata.co.id: Kunjungan wisatawan asing ke Tiongkok akhir-akhir ini kurang menggembirakan, penyebabnya kebersihan terutama toiletnya sangat jorok. Kondisi itu membuat Presiden China Xi Jinping memberikan peringatan keras kepada bawahannya terutama yang mengawangi pariwisata agar menjaga toilet 100 persen supaya citra negara tirai bambu itu tidak tercoreng oleh wisatawan asing.

Hal tersebut disampaikan di tengah upaya pemerintah China meningkatkan industri pariwisata dalam negeri dan meningkatkan mutu hidup masyarakat. Pada 2015, Presiden Xi meluncurkan “revolusi toilet” sebagai bagian dari dorongan memperbaiki mutu pariwisata dalam negeri sekaligus meningkatkan kualitas hidup di China. Hingga kini revolusi toilet belum menarik simpati.

“Masalah toilet bukanlah hal kecil. Itu unsur penting dalam membangun kota dan pedesaan beradab,” kata kantor berita resmi Xinhua mengutip pernyataan Xi, seperti dikutip dari Reuters, Senin (27/11/2017).

Tak ingin mendapat semprot dari Presiden Xi, Badan Pariwisata Nasional China baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membangun dan meningkatkan kualitas 64.000 toilet antara tahun 2018 dan 2020.

Namun, revolusi toilet lebih dari sekadar menyediakan pengalaman berlibur yang lebih baik bagi para pengunjung, juga tentang bagaimana membentuk masyarakat yang lebih beradab.

Sejak menjabat pada 2012 lalu, Xi Jinping sering mengunjungi rumah-rumah di pedesaan dan melakukan pengecekan apakah penduduk menggunakan toilet umum. Dia juga menekankan bahwa modernisasi desa membutuhkan toilet sanitasi. (XIN)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.