Diterjang Ombak, Puluhan Pondok Wisata Rusak

0
333
Pantai Pasir Panjang Singkawang (Foto: http://wisatapontianak.com)

SINGKAWANG, test.test.bisniswisata.co.id: Puluhan pondok tempat wisatawan bersantai di Obyek Wisata Pasir Panjang Singkawang, Kalimantan Barat rusak porak poranda akibat diterjang ombak.

“Sampai saat ini ombak masih lumayan tinggi diperairan pantai Singkawang. Sebelumnya pada Sabtu kemarin puluhan pondok yang ada di sana rusak berat akibat diterjang ombak,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Burhanuddin di Singkawang, Senin (20/6/2016).

Pondok wisata yang rusak berada di bibir pantai. Sementara bangunan pondok yang berada agak dalam, aman dari terjangan ombak tersebut. “Sebenarnya tidak boleh mendirikan bangunan dekat dengan bibir pantai. Karena, disamping dapat mengganggu pandangan pengunjung saat melihat pantai dari jalan, juga sangat rawan dengan terjangan ombak,” tuturya.

Namun, dikarenakan menyangkut masalah ekonomi, sehingga pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Selain dapat mengimbau, agar warga maupun pengunjung yang sedang berada di sekitar pantai untuk berhati-hati.

Mengingat, cuaca sekarang ini sudah mulai memasuki musim penghujan yang di sertai dengan angin kencang dan gelombang ombak yang tinggi. “Kita imbau agar warga maupun pengunjung untuk berhati-hati apabila berada di sekitar pantai,” pintanya seperti diunduh laman Antara.

Memang, hujan deras yang disertai dengan angin kencang telah mengguyur Kota Singkawang pada Sabtu (18/6) siang hingga Ahad (19/6) malam hari.

Obyek wisata Pasir Panjang Singkawang, menjadi daya tarik wisata di Singkawang sehingga kerap dikunjungi wisatawan lokal, domestik dan mancanegara. Turis asing yang datang kebanyakan dari China, Taiwan, Malaysia dan Singapura jika bertepatan dengan perayaan Tionghoa, mengingat Singkawang terkenal dengan perayaan hari-hari tradisi China.

Pantai ini memang memiliki ombak yang cukup besar, namun sejak tigak hari terakhir ombaknya sangat dahsyat. Di kawasan pantai ini terbentang sebuah jembatan yang menjorok ke lautan bebas. Nah, jembatan ini biasanya dipakai wisatawan untuk sefie dengan latar belakang lautan lepas dan matahari senja yang perlahan pulang.

Juga di atas jembatan, dipakai untuk memancing karena ikan di laut ini sangat banyak sehingga banyak pula orang yang hobby mancing memanfaatkan waktu luang.

Pemandangan di Pantai Pasir Panjang cukup memanjakan mata. Di sebelah barat daya terlihat sebuah pulau berbukit, yang menjadi tempat matahari bersembunyi sebelum terbenam. Bahkan menjelang perayaan Cap Go Meh, selalu ada naga yang ‘dilepas’ ke laut.

Pantai Pasir Panjang terletak di Jalan Raya Sedau, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Singkawang, Kalimantan Barat. Menuju pantai ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu 30 menit.

Pantai ini berada di satu komplek wisata yang diberi nama Taman Pasir Panjang Indah. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini pengunjung dikenakan tarif masuk Rp20 ribu. Banyak juga kedai makanan dan toko souvenir di sepanjang pantai. Begitupun dengan penginapan. Dari kejauhan terlihat juga jasa permainan yang ditawarkan masyarakat setempat seperti paralayang.

Walaupun disebut taman dan menawarkan banyak pilihan hiburan, sayangnya Taman Pasir Panjang Indah terlihat gersang. Di beberapa bagian, masih banyak tanah kosong yang dibiarkan begitu saja dengan tumbuhan yang tidak terawat dengan baik. Tanah kosong ini dimanfaatkan warga dengan mendirikan pondok wisata yag terbuat dari bambu namun kini kondisinya porak poranda. (*/NDY)

LEAVE A REPLY