Direvisi, Target Kunjungan Wisatawan Asing ke Sumsel

0
1510
Air terjun di Lahat Sumsel

PALEMBANG, test.test.bisniswisata.co.id: Target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumatera Selatan (Sumsel) direvisi. Semula sepanjang tahun 2015, ditargetkan 3 juta wisatawan, kini dirubah menjadi 5 juta per tahun. Perubahan itu seiring dengan kebijakan pemerintah yang membebaskan visa masuk bagi wisatawan dari 30 negara mulai April 2015.

“Semula kami agak ragu-ragu merubah, tapi dengan aturan baru ini Sumsel optimistis sekali bisa menembus angka 5 juta orang pada tahun 2015 untuk wisatawan domestik maupun luar negeri,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn di Palembang, Jumat (31/07/2015)

Dilanjutkan, untuk mengoptimalkan manfaat dari regulasi mengenai visa ini, Disbudpar Sumsel sejak dua bulan terakhir gencar mempromosikan daerah melalui laman internet, hingga menjalin kerja sama dengan Konsulat Jenderal (Konjen) negara yang dibebaskan visa, dan biro perjalanan. “Kerja sama sudah dilakukan dengan Konjen Amerika Serikat melalui pertukaran seni dan budaya, dan negara lain akan menyusul,” ujar dia.

Ia menambahkan Disbudpar Sumsel juga gencar menggelar kegiatan promosi di dalam dan luar negeri untuk mempromosikan wisata jalur sutera perjalanan Laksamana Cheng Ho itu. Upaya itu telah membuahkan hasil, lanjut dia, karena belum lama ini, Asosiasi Penulis Tiongkok mendatangi Palembang untuk melihat langsung peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Taman Purbakala Bukit Siguntang.

“Selain membidik wisatawan Tiongkok, Sumsel juga berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan dari Singapura dan Malaysia karena sudah ada penerbangan langsung dari Palembang. Sementara ini, tiga negara ini masih menjadi penyumbang tertinggi jumlah wisatawan,” tutur dia.

Destinasi wisata Sumsel yang banyak dikunjungi wisatawan lokal, nasional maupun internasional, tercatat ada 15 objek wisata unggulan, malah termasuk beberapa wisata favorit di Indonesia. Wisatawan lokal ataupun asing yang selalu memadati kota Palembang pada setiap tahunnya sekedar ingin menikmati tempat-tempat wisata ini. Berikut adalah daftar tempat wisata Sumatera Selatan yang serng di kunjungi.

1. Jembatan Ampera
Sungai Musi, salah satu sungai paling panjang di Indonesia. Di atas sungai Musi membentang Jembatan Ampera yang begitu dikenal. Di pinggiran sungai, ada Benteng Kuto Besak yang menjadi tempat wisata sejarah. Apabila mnyusuri sungai Musi, terasa kurang jika tidak mampir ke Pulau Kemaro, yang merupakan delta sungai Musi. Pulau ini memiliki sejarah dan kisah yang legendaris.

2. Rumah Limas
Rumah Limas, rumah tradisional khas Sumsel dengan segi arsitektur berbentuk panggung dan berbahan kayu, biasanya disebut juga rumah limas karena atapnya memiliki bentuk berupa limasan. Bangunannya bertingkat-tingkat dan memiliki filosofi budaya tersendiri pada setiap tingkatnya, masyarakat menyebut tingkat-tingkat ini sebagai bengkilas.

3. Makam Ki Gede Ing Suro
Makam Ki Gede Ing Suro di Kelurahan 1 ilir. Terdapat 8 buah bangunan berisi 38 kuburan dan diantaranya kuburan Ki Gede Ing Suro, cikal bakal Raja-raja Palembang. Pada abad 16 menurut sejarah ada seorang bangsawan Jawa bernama Sido Ing Lautan datang di Palembang, mengajak para pengikutnya. dan beliau digantikan oleh puteranya yaitu Ki Gede Ing Suro tahun 1552 dan mendirikan sebuah Kerajaan Palembang.

4. Hutan Wisata Punti Kayu
Hutan ini lokasinya lebih kurang 7 km dari pusat kota dan ditetapkan sebagai hutan lindung sejak tahun 1998. Hutan Wisata seluas 50 juga dilengkapi area rekreasi keluarga serta menjadi tempat hunian monyet lokal. Di sini anak-anak juga bisa bermain menaiki gajah, melihat kebun binatang mini, mandi di kolam renang, atau sekedar duduk bersantai di antara pepohonan pinus.

5. Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang di Jalan K.H. Faqih Usman, seluas hingga 5.520 meter persegi pada bangunan masjidnya saja, bentuknya sangat besar nan megah dan sering menjadi ikon sekaligus tempat wisata di Kota Palembang. Masjid ini dibangun pada pemerintahan Sultah Mahmud Badaruddin I dari tahun 1738 – 1748 dan mengalami 6 kali renovasi yang luas awalnya hanya 1.080 meter persegi menjadi 5,520 meter persegi. Arsitektur dari Masjid ini bergaya Cina pada kubahnya, bergaya Eropa pada elemen lainnya. Bahkan ada beberapa bahan yang diimpor langsung dari Eropa.

6. Goa Putri
Goa Putri di Desa Padang Bindu. Butuh waktu sekitar 6 jam perjalanan dari kota Palembang.

7. Kebun Binatang Sriwijaya
Kebun Binatang Sriwijaya, tempat rekreasi warga Palembang dan daerah lain di Sumatera Selatan. Di tengah terbatasnya sejumlah tempat wisata keluarga yang ada di provinsi ini, kebun binatang bisa dijadikan pilihan menarik untuk berwisata keluarga.

8. Arung Jeram Sungai Manna
Arung Jeram Sungai Manna, tempat wisata yang menawarkan tantangan arung jeram dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Sungai manna terletak di Kecamatan Tanjungsakti, sekitar 40 km dari kota Pagaralam. Arusnya pun cukup deras dan bergemuruh, sehingga cukup menantang bagi Anda yang menggemari olah raga ini. Jalur sungai yang begitu jeram dengan dinding batuan padas pada pinggiran sungai, ditambah arus yang membentuk cekungan dan juga arus memutar. Dari kanan kiri terlihat tebing-tebing yang menawarkan pemandangan alam hutan hujan tropis.

9. Wisata Danau Ranau
Wisata Danau Ranau di Kampung Lombok, Kec. Sukau, Kab. Lampung Barat. Danau ini diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Lam-bar, yang dilengkapi dengan fasilitas Hotel bertaraf Bintang 3 berfasilitas lengkap.

10. Bukit Siguntang
Bukit Siguntang, lokasi bersejarah Kota Palembang. Bukit Siguntang begitu rimbun dan asri dan merupakan titik tertinggi di Kota Palembang yang menyimpan banyak cerita dan misteri. Sepanjang mata memandang hanya terlihat sejumlah pohon rindang, kursi dan gazebo yang dibangun di sekeliling Bukit Siguntang. Kesan angker akan terasa saat menuju ke puncak bukit karena Anda akan melihat sebuah makam pertama (makam dari Panglima Tuan DjungDjungan) dari 7 makam yang terdapat di bukit ini,

11. Gunung Dempo
Gunung Dempo, sebuah gunung yang mempunyai ketinggian hingga 3,195 meter, dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit hutan Montane serta Hutan Ericaceous atau yang disebut hutan gunung. Untuk bisa mencapai desa terdekat, Anda harus terlebih dahulu mencapai kota Pagar Alam, lebih kurang 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dari Palembang tersedia banyak bus yang menuju arah Pagar Alam.

12. Benteng Kuto Besak
Bangunan peninggalan kerajaan menjadi tempat wisata Kota Palembang. Benteng Kuto Besak dibangun tahun 1776-1803 Masehi, saat pemerintahan Sultan Muhammad Badaruddin. Kemegahannya masih terlihat dari benteng dengan tinggi mencapai 9,9 meter, panjang 288,75 meter dan lebar 183,75 meter. Apalagi tebalnya mencapai 1,99 meter. Di setiap sudut benteng ini terdapat benteng pertahanan, salah satunya yang ada di sebelah barat laut, memiliki ukuran lebih besar dari ketiga benteng pertahanan lainnya.

13. Candi Bumi Ayu
Candi ini peninggalan Hindu dari aliran Siwa yang terkenal dengan situs candi-candinya. Hasil penggalian dari para arkeolog, komplek daripada Candi Bumi Ayu merupakan candi Hindu terbesar di luar Jawa, dari penemuan tersebut juga disimpulkan bahwa candi-candi ini adalah tiruan Candi Prambanan yang ada di Jawa Tengah. Tempat Wisata Candi ini terletak di Desa Bumiayu, Kec. Tanah Abang, Muara Enim.

14. Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata Anda yang mungkin Anda akan berkunjung ke Kab. Lahat. Air Terjun Bidadari memiliki keunikan dan keindahan yang akan membuat Anda kagum dan tidak bosan menikmati wisata alam ini.

15. Air Terjun Karang Dalam
Menuju ke Air Terjun Karang Dalam, membahas keindahan alam Sumatra Selatan khususnya Kab. Lahat tak akan ada habisnya. Namun sayang, keindahan alam ini kurang dikenal publik, sehingga tidak banyak jumlah wisatawan yang mengetahui betapa eksotisnya pesona alam Sumatra Selatan, salah satu di antaranya adalah Air Terjun Karang Dalam. Terpikat? (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY