Digerebek, Apartemen Green Lake View Difungsikan Jadi Hotel

0
98
Apartemen Green Lake View Ciputat Tangerang

TANGERANG, Bisniswisata.co.id: Tim gabungan satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan menggerebek Apartemen Green Lake View Ciputat Tangerang diduga menyalahi fungsi dan peruntukannya. Razia ini dilakukan lantaran banyak keluhan penghuni apartemen yang setiap hari melihat pengunjung keluar masuk secara bergantian.

“Kegiatan razia malam oleh tim gabungan ini dilakukan setelah banyaknya keluhan warga maupun masyarakat sekitar berkaitan aktivitas satu apartemen di Ciputat yang berdekatan dengan Pasar Ciputat karena hampir setiap hari keluar masuk pengunjung yang bergantian,” kata Kepala Bidang Penengakan Perundangan-Undangan Satpol PP Kota Tangsel, Oki Rudianto, Sabtu (14/10/2017) malam.

Informasi maupun laporan masyarakat terhadap aktivitas apartemen itu meresahkan, terlebih ada anggota DPRD Kota Tangsel juga mendesak pemkot setempat untuk mengecek keberadaan apartemen di kawasan tersebut.

Menurut dia, setelah dilakukan razia ternyata apartemen itu diduga menyalahi fungsi atau penggunaan dari hunian menjadi hotel atau penginapan bagi masyarakat dengan membayar perhari. “Jelas ini menyalahi aturan karena agen itu menyewakan kamar apartemen per hari ke masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, alih fungsi apartemen menjadi hotel, selain mengganggu penguhi apartemen yang merasa tidak nyaman, juga merugikan pemerintah daerah terkait masalah pajaknya. Juga merugikan pasar hotel di kawasan Tangerang Selatan. “Karena apartemen ini tidak laku
sehingga melakukan penyalahgunaan fungsi apartemen menjadi hotel. Ini jelas melanggar aturan daerah,” ungkapnya.

Sebuah bangunan yang difungsikan sebagai hotel, seharusnya memenuhi berbagai persyaratan terlebih dahulu. Mengingtat persyaratan untuk hotel berbeda dengan apartemen. Perbedaan yang utama yaitu apartemen seharusnya merupakan hunian tetap sedangkan hotel hunian sementara. Juga sebuah bangunan yang difungsikan sebagai hotel harus memenuhi 10 persyaratan teknis serta 10 persyaratan operasional.

“Bagi pemilik apartemen maupun agen yang menyewakan kamar apartemen dengan membayar per hari tengah didata dan akan diapnggil secepatnya berkaitan penyalahgunaan fungsi apartemen menjadi hotel atau tempat penginapan. Bila mereka tidak mengindahkan tentunya akan dipanggil paksa,” ujarnya.

Lurah Ciputat, Cecep Iswadi mengaku kaget dan baru mengetahui kalau unit apartemen Green Lake View di wilayahnya bisa disewakan harian, mirip seperti hotel. “Kita baru tahu ada unit disewa harian dengan tarif Rp 250 sampai Rp 300 ribu, bisa saja itu dijadikan orang-orang tak bertanggungjawab untuk berbuat asusila,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengaku akan memanggil agen properti menyewakan unit hanya dalam waktu satu hari saja. “Nanti kita panggil untuk dimusyawarahkan seperti apa seharusnya,” tegasnya.

Beberapa agen properti memasang iklan memuat informasi sewa kamar harian di apartemen dekat pasar Ciputat itu. Lengkap dengan harga sewa dan kontak agen sewa apartemen tersebut.

Hasil razia penggerebekan dari apartemen yang disulap jadi hotel, petugas mendapati 14 pasangan di luar nikah dan penghuni positif menggunakan narkoba. 14 pasangan mesum di gelandang ke kantor Satpol PP Tangsel untuk dilakukan pemeriksaan dan pendataan. (NDIK)

LEAVE A REPLY