Di Bali pada 6-9 Desember? Yuk ke Festival Nusa Penida

0
70

KLUNGKUNG, BisnisWisata.co.id,- BERLIBUR akhir tahun di Bali? Ada baiknya menjadualkan kunjungan ke acara Nusa Penida Festival. Festival yang digagas Pemkab Klungkung Bali, sempat tertunda akibat Gunung Agung naik aktivitas kegunungapiannya, diselenggarakan pada 6- 9 Desember. Bertempat di pantai Mahagiri, Desa Jungut Batu, Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung.

“Dikemas untuk mempromosikan pariwisata Klungkung kepada pasar melalui eksistensi Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Lembongan yang identik dengan wisata baharinya. Dengan tema Marine Tourism dan tagline the Blue Paradise Islands, kami menawarkan wisata bahari yang diperkaya kebudayaan sebagai kriya ikutan dari gaya hidup masyarakat pulau. Atraksi makin beragam dipadankan dengan budaya masyarakat Klungkung di daratan Bali,” papar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kepada BisnisWisata.co.id.

Dalam festival ke-4 ini, tidak hanya menyuguhkan wisata bahari saja,  juga pementasan seni dan budaya masyarakat Klungkung, terutama Nusa Penida. Memperkenalkan potensi kearifan lokal menyangkut kuliner, bidang seni dan budaya dari masyarakat pulau dan daratan. Seperti diketahui wilayah Kabupaten Klungkung, berada di daratan P Bali dan sebagian berada di kepulauan Nusa Penida. Masyarakat di daratan Bali dan dikepulauan memiliki kekhasan dan keunikan masing- masing, sehingga memperkaya produk wisata yang ditawarkan kepada pasar.

Tidak hanya keindahan budaya,  alam, spiritual, tradisi unik berpadu kuliner khas yang memberi keistimewaan tersendiri. Kekayaan bahari ke pulauan ini pun menambah daftar panjang eksotika yang menghipnotis wisatawan untuk datang dan menikmati pesona kawasan Nusa Penida. Kemunculan mega fauna di sekitar perairan seperti pari manta (manta ray), paus, penyu hijau, dan sun fish (mola-mola) menjadi maskot pariwisata yang sangat menjanjikan. Atraksi paddle bagian surfing memberikan pengalaman berbeda bagi wisatawan, ungkap pegiat surfing Made Bagus Irawan yang akrab disapa Piping Magic Wave.

Kontes Surfing

Serangkaian acara Nusa Penida Festival yang sempat tertunda akibat aktivitas Gunung Agung, Oktober lalu tetap dilaksanakan kontes surfing. Kontes surfing tahunan di Lembongan ini jelas Bupati Klungkung merupakan sebuah tanggung jawab terhadap pecinta olahraga peselancar dari berbagai negara di belahan dunia. Kegiatan itu sekaligus sebagai pencarian bakat dan ruang atlet lokal Nusa Penida. Kontes surfing Oktober lalu melibatkan 36 peselancar tingkat lokal, nasional dan internasional. Selain itu 16 peserta undangan khusus dari Australia, Kanda, Brasilia, Perancis dan Jepang.

Yang pasti Nusa Penida tidak hanya memiliki Jembatan Cinta, Rumah Pohon dengan Raja Ampat ala Nusa Penida, Bias Tugel dan sajian Jangkang serta Rejang nya. Mari eksplore lebih dalam tiga rangkai pulau mungil di Klungkung Bali ini. Dan bawa pulang pengalaman indah anda. *dwi, bisniswisata.co@gmail.com

LEAVE A REPLY