Destinasi Wisata Kuil Koyasan Larang Wanita Datang

0
302
Kuil Koyasan

TOKYO, bisniswisata.co.id: Jepang menghadirkan beberapa tempat wisata yang unik, menarik bahkan artistik. Salah satunya Kuil Koyasan. Kuil Budha yang berdiri berabad-abad ini dikenal sebagai tempat yang paling suci. Saking menjaga kesuciannya, para wanita pun dilarang masuk ke dalam kuil.

Mengutip CNN, Rabu (04/01/2017) alasannya, wanita memiliki kekuatan spritual yang tidak cocok dan baik untuk kuil tersebut. Mengingat kuil ini sangat sakral bagi wanita. Dalam hal ini, Kuil Koyasan Okuno-in adalah salah satu dari dua situs paling suci di Koyasan, bersamaan dengan kuil Danjo Garan.

Terdapat Biksu yang terkenal yaitu Kukai yang diyakini tidak mati. Nantinya, di sepanjang jalan ada peringatan yang didedikasikan untuk Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi dan Uezuki Kenshin, serta banyak kuburan panglima perang dari masa lalu.

Serta terdapat ada benda-benda dan lokasi suci lainnya. Diantaranya adalah deretan patung yang menggambarkan Jizo, seorang Bodhisattva populer yang terlihat seperti anak-anak, penjelajah, dan jiwa-jiwa yang meninggal atau sebuah lentera yang api diyakini telah terbakar selama 1000 tahun. Karenanya untuk menjaga kesuciannya wanita diharamkan masuk.

Kuil Koyasan berada di deretan pegunungan Wakayama yang berdekatan dengan Osaka dan Nara. Kawasan ini memiliki pesona alam yang mengagumkan. Juga menyajikan pemandangan lanskap alam asri dan elok. Di antara deretan pegunungan ini, nama Koyasan-lah yang sering terdengar. Di atas pegunungan setinggi 900 meter dibangunlah kuil Budha yang namanya sudah mendunia.

Destinasi wisata yang dinobatkan sebagai Situs World Heritage Site kebanggaan bangsa Jepang ini, memiliki sejuta pesona yang sulit untuk digambarkan. Tak cukup menjadi destinasi wisata utama Wakayama, Koyasan juga menjadi pusat keagamaan sejak 1,200 tahun lalu. Di sinilah sekte Shingon dari agama Budha lahir.

Kuil keramat ini dibangun pada tahun 816 oleh Biksu Kukai, Kobo Daishi, yang baru saja kembali dari Tiongkok. Ia membangun sebuah kuil yang nantinya menjadi salah satu kuil Budha paling keramat di Jepang. Pendirian kuil ini dibarengi dengan pembangunan 200 ribu monumen pagoda dan patung batu. Dua ratus ribu monumen di dalam area kuil inilah yang menjadi magnet utama menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Koyasan.

Situs religi ini juga masih memiliki rahasia lain. Menurut cerita, banyak orang yang meyakini bahwa Biksu Kukai masih hidup hingga kini di Koyasan. Tak mengherankan peziarah tak henti-hentinya mengunjungi Koyasan untuk beribadah. Karena mereka mempercayai bahwa biksu yang diagungkan masih hidup tanpa mengenal batas waktu.

Nuansa magis yang begitu melekat makin terasa ketika kita berjalan di tengah-tengah pemakaman di kawasan Okuno-in. Pemakanam ini merupakan pemakaman terbesar di Jepang. Uniknya bukan rasa takut yang menghantui, namun rasa kagum yang meledak-ledak. Batu-batu nisan dengan beragam bentuk dan ukuran yang ditumbuhi lumut membuat area ini makin keramat.

Tak hanya kuil utama, di area Koyasan juga dibangun ratusan kuil Budha lainnya. Sejumlah 116 kuil Budha yang dilengkapi dengan shukubo siap memanjakan para peziarah yang ingin bermalam di Koyasan. Total terdapat 52 shukubo di kawasan Koyasan. Selama menginap kita bisa belajar tentang kehidupan para biksu. Para biksu memang terlibat dalam mengelola shukubo.

Shukubo merupakan penginapan tradisional Jepang yang berada di kuil, biasanya juga disebut dengan penginapan peziarah. Uniknya, penginapan jenis ini tidak memasang tarif, hanya saja kita diminta untuk memberikan donasi untuk perawatan kuil.

Kelebihan shukubo sebagai salah satu penginapan religius adalah kita dapat belajar kehidupan Budha selama menginap. Pengalaman menikmati sajian vegetarian umat Budha yakni Shojin-ryori adalah salah satunya.

Kita juga akan diajak untuk mengikuti ritual pembacaan kitab suci pada pagi harinya. Ritual-ritual lain yang tak kalah menariknya juga telah menanti untuk dilakoni saat menginap di shukubo.Inilah beberapa daya tarik Koyasan sebagai salah satu dari World Heritage Site yang dimiliki oleh Jepang. Tertarik untuk kembali suci sekaligus menenangkan pikiran? Koyasanlah jawabannya! (*/NDY)

LEAVE A REPLY