Destinasi Wisata Kawah Sileri Berbahaya Dikunjungi Wisatawan

0
67
wisatawan mengyaksikan Kawah Sileri di Dieng

BANJANEGARA, Bisniswisata.co.id: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Kawah Sileri, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dari normal (Level I) menjadi waspada (Level II). Dengan status itu, wisatawan maupun warga sekitar diminta tidak mengunjungi obyek wisata karena berbahaya.

“Meski demikian, area wisata lainnya tetap aman dikunjungi. Yang terjadi peningkatakan aktivitas hanya di Kawah Sileri,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip, seperti yang dilansir dari Antara pada Jumat (15/9).

Kawah Sileri mulai mengalami peningkatan aktivitas sejak Juni 2017. Sempat terlihat asap putih dan terjadi beberapa kali gempa di sana. “Potensi bahaya yang dapat ditimbulkan akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Api Dieng adalah erupsi, hujan lumpur, lontaran material dari kawah, dan meningkatnya konsentrasi gas-gas serta aliran CO2,” ungkapnya.

Walau belum mengalami peningkatan aktivitas, warga yang berada dekat Kawah Timbang juga diminta waspada. Kawah Timbang bukan termasuk area wisata di Dataran Tinggi Dieng. Tapi, warga sekitar sering melakukan aktivitas penambangan di sana.

“Warga agar waspada jika melakukan penggalian tanah di sekitar Kawah Timbang dengan kedalaman lebih dari satu meter, karena dari tempat tersebut masih berpotensi terancam bahaya gas CO2 dan H2S,” pungkas Surip.

Warga dan turis yang sedang berada di sekitar Dataran Tinggi Dieng diharapkan tak terpancing isu-isu terkait dengan aktivitas Gunung Api Dieng. Arahan resmi akan selalu diinformasikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, PVMBG dan Pos Pengamatan Gunung Api Dieng.

Ditambahkan , Bagi wisatawan maupun masyarakat yang berada di dalam radius 1 kilometer dari bibir Kawah Sileri, yakni warga yang bermukim di Dusun Sekalam dan Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara agar diungsikan sementara ke tempat yang aman.

“PVMBG merekomendasikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan BPBD Kabupaten Banjarnegara, BPBD Kabupaten Wonosobo, serta BPBD Kabupaten Batang agar selalu berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau melalui Pos Pengamatan Gunung Api Dieng di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, telepon 082330123236, tentang aktivitas Gunung Api Dieng,” katanya.

Surip mengatakan objek wisata lainnya di Dataran Tinggi Dieng tetap aman dikunjungi wisatawan karena peningkatan aktivitas hanya di Kawah Sileri. Selain itu, Kawah Timbang bukan merupakan daerah tujuan wisata dan lokasinya jauh dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng. (*/ANT)

LEAVE A REPLY