Destinasi Terumbu Karang Bali Raih Penghargaan dari UNWTO

0
2382
Terumbu karang Bulelang Bali dapat penghargaan (Foto: http://gulalives.com)

SINGARAJA, test.test.bisniswisata.co.id: PELESTRAIAN destinasi wisata terumbu karang di Desa Pemuteran Buleleng Bali, yang dilakukan Yayasan Karang Lestari mendapatkan penghargaan dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB atau UNWTO (UN World Tourism Organization).

“Saya sendiri ikut menghadiri kegiatan UNWTO Awards di Madrid, Spanyol, juga dihadiri perwakilan beberapa negara finalis UNWTO di antaranya Kamboja, Nepal, Afrika Selatan, Brasil, Spanyol, Lithuania, Switzerland, Colombia, Kenya, Kroasia, dan Korea,” kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, di Singaraja, Selasa (16/2/2016).

Dijelaskan, penghargaan tersebut sangat penting dan berharga untuk Buleleng karena orang-orang di luar negeri sangat menghargai apa yang dilakukan masyarakat Pemuteran.
Penghargaan itu, diharapkan dapat memberikan motivasi terhadap hal-hal bersifat konservasi di Buleleng, sehingga pelestarian terumbu karang dapat terus digalakkan pemerintah dan masyarakat.

Ketua Yayasan Karang Lestari, Gusti Agung Prana menjelaskan, Pemuteran berhasil meraih penghargaan dalam katagori inovasi organisasi non pemerintah. Pemuteran berhasil mengalahkan pesaing dari Kamboja, dan Afrika Selatan. Pembangunan konservasi di Pemuteran juga sekaligus membuat penelitian mengenai biorock.

Sebelumnya Pemuteran bahkan telah menyabet lima penghargaan nasional dan internasional terkait terumbu karang. “Ke depan laut di Buleleng lebih mampu menjadi wisata bahari,” kata dia seperti dilansir laman Antaranews.

Kategori inovasi dunia usaha (excellence and innovation in enterprises) dimenangkan Anykscial Regional Park Direction Treetop Walking Path diraih Simona Stasiuniene asal negara Lithuania. Juga katagori inovasi kebijakan publik dan tata kelola (excellence and innovation in public policies and governance) dimenangkan oleh Kabupaten Banyuwangi Indonesia.

Dan terakhir kategori inovasi riset dan teknologi pariwisata (excellence and innovation in research and technology), dimenangkan Fun Perque Technologioco Itaipu asal Brazil. (*/a)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.