Desainer Amy Atmanto Pamer Kebaya Rainbow Expression

0
283
Karya Amy Atmanto di Pesona Budaya Nusantara (Foto: Sindonews.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Desainer Amy Atmanto memamerkan koleksi Rainbow Expressions dalam fashion show Pesona Kebaya Nusantara di Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Rabu (07/12/2016). Fashion show ini berkolaborasi dengan Perhimpunan Kebayaku untuk menyambut Hari Ibu.

Kali ini, memang koleksi Amy Atmanto berbeda dengan koleksi sebelumnya yang lebih mewah dengan taburan kristal dan dikhususkan untuk kebaya pengantin. “Koleksi Rainbow Expression ini lebih wearable, saya ingin menyajikan gambaran pelangi nusantara dengan keragaman yang dapat dipakai oleh ibu-ibu sosialita sampai kawula muda,” ujar desainer peraih Indonesian Best Designer di tahun 2010.

Melalui koleksinya ini, Amy Atmanto ingin menghadirkan kebaya dengan sentuhan yang lebih modern dengan warna dan desain beragam. “Cocok dengan perempuan masa kini yang dinamis dengan mobilias yang tinggi,” ujarnya seperti dilansir laman tempo.co, Kamis (08/12/2016).

Karya yang ditampilkan ini, lanjut dia, mulai dari kebaya sederhana, gaun, hingga kebaya yang lebih casual dengan potongan lengan pendek dan rok pendek. Hal ini bertujuan agar kebaya dapat digunakan di berbagai kesempatan baik di acara formal maupun acara non-formal, oleh ibu-ibu hingga anak muda.

“Sayang hadirkan busana tradisional dengan gaya up to date dan modern. Rainbow expressions Nusantara ini, dengan keberagaman seperti kebaya tangan pendek dengan rok pendek, perpaduan songket dengan cape, kebaya simple, sampai kebaya gaun yang digemari anak muda dan ibu-ibu. Jadi koleksi kali ini lebih wearable dan menggambarkan pelangi nusantara. Saya memikirkan bagaimana akar budaya bangsa ini dapat aplikatif di busana-busana untuk event dari yang resmi maupun yang tidak terlalu resmi,” ungkap Amy.

Sementara proses pengerjaannya, Amy memberdayakan komunitas sosial yang tergabung dalam Rumah Kreatif Amy Atmanto yang terdiri dari 800 penyandang disabilitas dan kaum marjinal. Ada 15 koleksi yang ditampilkan yang terdiri dari kebaya dengan rok pendek, kebaya dengan rok panjang, serta bolero dan rok pendek.

Model kebaya Rainbow Expression lebih simple dan menunjukkan kesan chic bagi pemakainya. Seperti kebaya berlengan pendek dipadankan dengan rok pendek berbahan songket dengan aplikasi payet dan drappery, sambung desainer peraih Kartini Award.

Sesuai tema koleksi Rainbow Ekspressions, Amy Atmanto juga menampilkan kebaya dengan motif floral dan aplikasi bordir di bagian leher yang dipadu rok songket dan velvet. Kebaya modern dengan aplikasi bordir bermotif bunga di bagian leher, kancing, dan lengan.

Ada juga kreasi bolero berbahan songket dengan rok pendek. Pilihan warna kebaya juga beragam, mulai yang berkelir cerah seperti oranye, kuning, dan merah sampai warna-warna lembut seperti pink, hijau, serta warna hitam dan silver.

Pendiri Perhimpunan Kebayaku, Nunun Daradjatun berharap melalui fashion ini dapat melestarikan akar budaya nasional melalui pakaian tradisional seperti kebaya. “Saya bangga sekarang banyak anak muda mulai mencintai kebaya, dan memakainya di acara-acara resmi dan tidak resmi,” ujarnya.

Pesona Kebaya Indonesia juga menghadirkan talkshow dengan tema ‘Sejarah Kebaya dan Kebaya di Era Globalisasi’. Selain itu, ada pula fashion show yang menampilkan beragam koleksi kebaya dari Perhimpunan Kebayaku dan Amy Atmanto, koreografi dari Ari Tulang, dan penampilan memukau dari violis Mia Ismi. (*/BBS)

LEAVE A REPLY