Desa Wisata Tangkeno, Desa Negeri di Awan Pikat Wisatawan

0
674
Desa Wisata Tangkeno (Foto: merahputih.com)

KENDARI, test.test.bisniswisata.co.id: Tangkeno di Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara dijadikan desa wisata budaya yang diharapkan bernilai jual tinggi di masa datang.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Bombana, Jannariah mengatakan ditetapkannya Tangkeno sebagai wisata budaya karena daerah itu memiliki beragam wisata yang tidak hanya keramahtamahan penduduknya tapi berbagai pesona alam yang indah dan menawan.

“Jadi wisata budaya Tangkeno ini juga dijuluki ‘Negeri di Awan’ karena berada di ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan air laut,” ujarnya.

Selain itu, menurut Jannariah, Tangkeno dan kawasan sekitarnya terdapat benteng-benteng tua, pantai berpasir putih dan masih alami, sehingga bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Tangkeno rata-rata pasti menginap 1-3 malam untuk menikmati panorama alam yang masih asri.

Saat ini, lanjut Jannariah, untuk mendukung Tangkeno sebagai wisata budaya, Pemkab Bombana juga tengah membangun sarana dan prasana homestay sebagai kelengkapan bagai wisatawan yang berkunjung di Pulau Kabaena.

Pulau Kabaena yang terpisah daratan dengan ibu kota Bombana, dan bisa ditempuh dengan jasa kapal motor sekitar 3-4 jam memiliki beragam obyek wisata yang disukai wisatawan, seperti alam yang indah, air terjun dan wisata bahari yang asri.

Mantan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sultra itu memaparkan pihaknya terus berupaya melobi Kementerian Pariwisata dan kementerian terkait lain untuk membantu anggaran demi menjadikan daerah itu sebagai salah satu destinasi wisata di Tanah Air.

“Saat ini wisata budaya Tangkona sudah rampung 30 persen dan diharapkan sebelum akhir jabatan periode pertama pemerintah bupati/wakil bupati Bombana, Tafdil-Masyura di tahun 2017 sudah bisa rampung walaupun belum seluruhnya selesai,” tambah Jannariah seperti dikutip laman Antara, Sabtu (16/04/2016). (*/a)

LEAVE A REPLY