Desa Wisata Pulesari Tonjolkan Suasana Alam Merapi

0
1217
Desa wisata Pulesari dengan latar belakang Gunung Merapi dibanjiri wisatawan

SLEMAN, bisniswisata.co.id: Desa Wisata Pulesari, Wonokerto Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menonjolkan suasana alam pedesaan lereng Gunung Merapi serta sajian budaya dan kuliner khas desa, untuk ditawarkan ke wisatawan. Sajian desa wisata ini menjadi daya tarik tersendiri dan layak untuk dikunjungi.

“Potensi-potensi alam di Desa Pulesari itu yang kami manfaatkan sebagai daya tarik wisata. Pada libur Lebaran ini kami optimistis akan banyak wisatawan yang berkunjung,” kata pengelola Desa Wisata Pulesari, Didik Irawanto, Ahad (17/6).

Desa Wisata Pulesari yang berlokasi di jalur strategis arus mudik dan arus balik Lebaran ini sangat cocok menjadi tempat singgah dan berwisata. “Lokasi Desa Wisata Pulesari ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari jalur utama mudik Lebaran, sehingga wisatawan dapat lebih mudah menemukan lokasi Desa Wisata Pulesari,” katanya.

Juga, Desa Wisata Pulesari menonjolkan kearifan lokal masyarakat setempat dengan menggali potensi yang ada, mulai dari potensi kebun salak, dan sungai dengan pemandangan Gunung Merapi.

“Sebagaimana objek wisata di kawasan lereng Gunung Merapi, Pulesari juga mengandalkan keindahan alam untuk dijual. Namun yang lebih spesifik berupa wisata air menyusuri aliran Sungai Bedog yang masih jernih dan alami,” katanya

Dilanjutkan, tracking sungai yang ditawarkan beragam jenisnya, seperti jembatan goyang, titian bambu, vertical web, gubuk hujan, tangga air, dan jaring laba-laba. “Wisatawan diajak menyusuri Sungai Bedog sembari menikmati keindahan alam desa. Kegiatan susur sungai ini yang paling diminati pengunjung mulai dari usia anak sampai dewasa,” lontarnya.

Wisatawan juga dapat menikmati pertunjukan kesenian tradisional, outbond, belajar membatik dan aneka kerajinan, serta menanam padi. “Pengunjung juga berkesempatan belajar budi daya salak pondoh dan membuat olahannya seperti dodol, geplak, bakpia, enting-enting, dan madu mongso. Kami bekerja sama dengan kelompok ibu-ibu dasawisma di daerah ini,” katanya.

Keterlibatan warga, kata dia, juga ditunjukkan dengan menyediakan fasilitas homestay dari rumah warga bagi wisatawan yang ingin menginap. “Desa wisata merupakan program yang digerakkan masyarakat sehingga otomatis mereka ikut terlibat. Selain memberi kesibukan, hasilnya juga bisa untuk membantu perekonomian keluarga,” katanya.

Tak bisa dipungkiri, Sleman menyimpan desa wisata yang melimpah. Setiap desa memberikan keunggulan dan ciri khasnya masing-masing. Beberapa Desa Wisata Sleman dengan beberapa kategori, sehingga bisa lebih mudah menentukan ingin berkunjung seperti dilansir laman Tour-Yogyakarta.com:

#. Desa Wisata Brayut

Desa di Brayut, Pandowoharjo, Sleman, merupakan desa budaya berbasis pertanian. Suasana desa masih alami sehingga merasakan sejuknya alam. Terlebih di desa ini terdapat arena outbound. Berkunjung ke Desa Wisata Brayut, akan merasakan langsung bagaimana menjadi orang desa lengkap dengan segala rutinitasnya seperti menanam padi, membajak sawah, menangkap ikan langsung di kolamnya, dan mandi di sungai yang jernih. Selain bertani juga bisa belajar membatik dan belajar memainkan gamelan.

#. Desa Wisata Kelor

Terletak di Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, memang sangat asri dan terjaga keindahan alamnya. Desa ini menyediakan area perkemahan dan berbagai wahana permainan yang seru, seperti permainan berbahan karet, jembatan buatan di atas kolam, hingga permainan flying fox. Juga menawarkan rumah Joglo bagi yang ingin tinggal di rumah Joglo. Rumah Joglo adalah rumah khas tradisional orang Yogya, rumah adat ini terbuat dari kayu jati pilihan.

#. Desa Wisata Kembang Arum

Desa wisata ini mengusung konsep desa wisata edukasi atau pendidikan di Kembang Arum, Donokerto, Turi. Terdapat fasilitas kolam pemancingan ikan dan kolam renang alami. Sebaiknya membawa keluarga terutama anak-anak, karena di Desa Wisata Kembang Arum disediakan pembelajaran seni, budaya dan lingkungan alam. Sehingga Mereka bisa belajar melukis dengan ditemani gemericik air sungai dan kicauan burung.

#. Desa Wisata Pentingsari

Desa wisata indah berada di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, dekat Gunung Merapi, Desa Wisata Pentingsari ini menawarkan paket wisata bertani. Juga diajarkan bagaimana cara menanam padi, membajak sawah, bahkan diajarkan bagaimana menangkap ikan yang baik. Bahkan, menjelajahi desa dan mengarungi sungai yang membelah desa tersebut.

#. Desa Wisata Grogol

Desa Wisata Grogol terkenal karena seni dan budayanya. Berbagai kekayaan seni dan budaya yang dimiliki seperti, Ketoprak, Wayang kulit, Wayang orang, Karawitan, Kuda lumping, Cokekan, Keroncong, dan lainnya. Juga, ada beberapa sanggar seperti Sanggar Wijaya Kusuma, Sanggar Bujo Gati, Sanggar Sekar Rinonce dan Sanggar Ki Sarju. Desa Wisata Grogol yang terletak di Dusun Grogol, Margodadi, Sayegan, Sleman, Yogyakarta.

#. Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung terletak di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, menyajikan suasana tradisional Jawa yang sangat kental. Mulai dari perilaku masyarakatnya hingga benda-benda budaya. Salah satu benda yang paling mencolok adalah bangunan Rumah Joglo yang konon telah berusia 200 tahun. Desa Wisata tanjung ini berada sekitar 5 km ke arah utara dari Monumen Jogja Kembali (MONJALI)

#. Desa Wisata Gabugan

Desa Wisata Gabugan yang indah ini terletak di Jalan Tempel Pakem, Gabugan, Jalan Turi, Donokerto, terkenal dengan salak pondohnya karena banyak perkebunan salak yang merupakan salaha satu ikon Kabupaten Sleman di bidang Agrobisnis. Juga memiliki berbagai kesenian dan budaya yang masih dilestarikan sampai saat ini, diantaranya adalah Jathilan, Karawitan, Wayang kulit dan Ketoprak . kuliner di sanapun sangat khas yakni Salak Pondoh, Dodol Salak, Mengono, dan Jenang Salak.

#. Desa Wisata Trumpon

Anda penyuka buah salak? Jika benar, Desa wisata Trumpon ini tidak boleh Anda lewatkan saat sedang berada di Yogyakarta. desa ini terkenal dengan agrowisata salak pondoh. Pemandangan Gunung Merapi menambah suasana asri desa ini. Desa wisata yang terletak di Trumpon, Merdikorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

#. Desa Wisata Ledoksambi

Desa Wisata Ledoksambi lokasinya berada di desa Pakembinangun, Pakem, Sleman, DIY. Pesona yang ditawarkan oleh Desa ini adalah wisata alam dan outbound yang seru dan menyenangkan. Beragam kegiatan mulai dari fun games sampai bajak sawah, dari naik perahu sampai melukis gerabah, semuanya dapat Anda nikati di desa wisata ini.

#, Desa Wisata Bokesan

Desa wisata ini sebagian besar penduduknya memanfaatkan air yang melimpah dari sungai opak dan juga tanah sebagai kolam ikan sebagai tanah persawahan. Lokasi Desa Wisata Bokesan berada di Sindumartani, Ngemplak, Turi, Sleman, Yogyakarta

#. Desa Wisata Gamplong

Desa wisata yang satu ini terkenal dengan wisata kerajinan tenunnya yang berada di Padukuhan Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa wisata yang terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta ini juga cukup menarik untuk disinggahi oleh Anda, terlebih karena masih adanya industri kerajinan tenun tradisional dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

#. Desa Wisata Sambi

Desa wisata terakhir yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Desa Wisata Sambi. Suasana desa yang nyaman dan tenang inilah alasannya. Desa Wisata Sambi menawarkan arena outbound yang berada di Ledok Sambi di dekat Kali Kuning. Lokasi Desa Wisata Sambi ini terletak di Jalan Kaliurang KM 19.2, Dusun Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.