Desa Wisata Buah Gairahkan Pariwisata Ungaran

0
993

UNGARAN, test.test.bisniswisata.co.id: Desa Diwak dan Desa Bergas Kidul di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dikenal sebagai desa penghasil buah-buahan. Sayangnya wisatawan banyak yang tidak tahu potensi itu. Kini kedua desa itu ditingkatkan statusnya enjadi desa wisata buah. Tujuannya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di desa wisata ini.

“Desa wisata buah ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Semarang. Apalagi di kawasan dua desa ini ada objek wisata lainnya seperti Candi Gedongsongo, Gua Kerep Ambarawa, Kopeng dan lainnya, sehingga wisatawan yang datang di kawasan ini punya kunjungan wisata alternatif lainnya,” papar Pj Bupati Semarang Sujarwanto Dwiatmoko saat meresmikan Dua desa Wisata di Unggaran Jawa Tengah, Rabu (27/01/2016).

Selama ini, lanjut dia dua desa memiliki potensi buah unggul yang bisa dikembangkan, yakni buah durian di Desa Diwak dan buah alpukat yang dikembangkan di Desa Bergas Kidul. Buah unggul yang dipilih ditanam yakni durian varietas Matahari, Bawor dan Pelangi dan alpukat varietas Wina.

Desa Diwak dan Bergas Kidul merupakan desa yang berada di sekitar pabrik jamu Sido Muncul, memiliki kondisi tanah, air dan agriklimat yang cocok untuk budidaya tanaman buah.
Warga dua desa itu juga dilatih pembuatan kerajinan yang diharapkan bisa semakin memacu masyarakat untuk mengembangkan potensi-potensi daerahnya secara kreatif.

Pengembangan dua desa wisata buah di Ungaran itu, kata dia, merupakan pengembangan dari program pemberdayaan masyarakat desa rempah yang sudah dilakukan oleh Sido Muncul sejak 2014.

Dirut Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan pengembangan desa wisata buah dan desa rempah diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan. “Tahun ini Sido Muncul juga membangun museum jamu di lokasi pabrik, akan melengkapi kebutuhan wisatawan yang berkunjung ke Argowisata Sido Muncul. Saat ini kunjungan wisatawan mencapai 6.000 orang perbulan,” ujarnya.

Sujarwanto Dwiatmoko mengapresiasi Sido Muncul yang telah memberi karya nyata bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Semarang. “Ini karya nyata kesekian kalinya Sido Muncul bagi masyarakat. Kami sangat mendukung program CSR yang sangat membantu program pemerk.tah daerah,” ujarnya. (*/e)

LEAVE A REPLY