Desa Wisata Biak Ditawarkan Wisatawan

0
2557
Desa Wisata Biak Numfor (Foto: beritasatu.com)

BIAK NUMFOR, test.test.bisniswisata.co.id: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Biak Numfor, Papua terus memberdayakan program pengelolaan desa wisata, karena dinilai sangat berpotensi menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke wilayah itu.

Selain itu, desa wisata di berbagai kampung memiliki berbagai keunggulan budaya masyarakat lokal serta mempunyai keindahan objek wisata alami sangat menjanjikan menjadi destinasi wisata di tanah Papua. “Karena itu kami tawarkan bagi wisatawan untuk menikmati Desa Wisata yang lain ketimbang desa wisata lainnya,” kata Kepala Dinas pariwisata Y. Usior di Biak, Kamis (5/11/2015)

Kadisparbud mengakui pada program tahun 2016 Disparbud berencana menambah jumlah desa wisata yang tersebar di berbagai distrik. “Tahun 2016 kami juga memprogramkan kegiatan internasional lomba foto bawah laut sebagai revitalisasi program pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,” katanya.

Usior mengakui, untuk desa wisata yang ada saat ini di Biak, seperti Kampung Mokmer dan Anggraidi dengan objek wisata pantai dan monumen perang dunia II.

Sedangkan desa wisata Distrik Samofa, menurut Usior, mempunyai potensi pariwisata gua Jepang eks peninggalan perang dunia II. Juga Pantai Wari di Distrik Biak Utara dikenal keindahan pantai alami, air terjun Wapsarak di distrik Warsa serta pantai Segara Indah distrik Biak Timur memiliki pantai yang indah.

Untuk wilayah Kepulauan Samberpasi sekitarnya, lanjut Usior, pada tahun 2015 telah dibangun fasilitas pariwisata diantaranya pusat informasi pariwisata serta koteks tempat penginapan.

“Harapan Dinas Pariwisata untuk tahun 2016 adalah jumlah desa wisata kian bertambah mengingat sejumlah wilayah kampung di pantai Utara Biak memiliki keindahan objek wisata yang alami,” ungkap Y Usior seperti dikutip laman Antara,

Kunjungan wisatawan mancanegara di Biak masih dimoninasi wisatawan Jepang, Eropa dan Tiongkok serta wisatawan nusantara karena Biak menjadi tempat penyelenggara kegiatan pemerintahan, organsiasi kemasyarakat dan lembaga keagamaan dan kemasyarakatan. (*/end)

LEAVE A REPLY