Datangkan Wisman, Bangka Belitung Harus punya Event Internasional

0
296

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui Indonesia memiliki segudang potensi pariwisata. Sayangnya, potensi itu h berskala nasional, sehingga belum mampu mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) lebih banyak. Juga belum mampu menjadi daya tarik pelancong asing untuk datang ke destinasi wisata maupun event wisata.

“Bangka Belitung punya banyak daya tarik wisata. Pantainya bagus. Pulaunya dengan batu geranit yang indah. Juga punya even tahunan: festival serumpun sebalai, yang menggerakan kesenian tradisional. Sayangnya skalanya masih lokal, domestik. Saya minta agar jadi skala nasional dengan mengajak provinsi lain untuk tampil di festival itu,” papar Menpar bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi melaunching Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016, di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Bahkan, sambung menteri, jika ingin dikenal secara mendunia, hendaknya festival ini berskala internasional. Caranya yang mengundang peserta dari negara tetangga yang serumpun seperti Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura. “Usulan saya carilah negara yang punya budaya yang sama, budaya melayu. Jadi, Bangka Belitung harus smart dalam menggaet pemilihan negaranya. Nah dari situ akan berkembang ke negara lain, sehingga mendunia,” lontar Menpar.

Menteri murah senyum meminta tahun depan acara festival di Bangka Belitung harus sudah go internasional. Demi memajukan pariwisata Bangka Belitung untuk mendatangkan wisman. “Target tahun depan, jika ingin maju. Jangan sampai lelet untuk menjaring wisatawan internasional. JIka lelet, ya pasti hancur,” tandasnya.

Dilanjutkan, sebelum menuju internasional, hendaknya membenahi dulu event budaya itu agar lebih bagus. Baik dari sisi koreografer, desainer busananya, komposer musiknya harus taraf nasional. “Kementrian Pariwisata akan membantu koreografer, desainer busananya, komposer musiknya sehingga festival ini bisa lebih menarik dan menjadi perhatian,” tambahnya.

Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendy menjanjikan, gelaran Festival Pesona Serumpun Sebalai tahun ini akan berbeda dari gelaran serupa sebelumnya. “Tahun ini Festival Sebalai Serumpun tidak sama dengan tahun-tahun yang sudah, tahun ini diikuti oleh provinsi-provinsi lain di Indonesia. ada 20 provinsi yang akan berkompetisi dalam festival tari tradional ini,” ungkap Rustam.

Festival pariwisata dan budaya Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 akan berlangsung di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang pada 20-26 Juli 2016. Acara ini digelar dalam rangka mempromosikan Bangka Belitung sebagai destinasi pariwisata unggulan, sambungnya.

Beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Festival Seni Tradisi Bangka Belitung, Seleksi Tari Serumpun Sebalai, Festival Tari Nusantara. Ada juga serangkaian acara hiburan seperti penampilan artis Ibukota, pertunjukan musik, percusion SMU Pakal Pinang, sulap, Defile peserta Parade Tari Nusantara, serta penganugerahan penampilan terbaik.

Selain itu, ada serangkaian acara hiburan seperti penampilan artis Ibukota, pertunjukan musik, percusion SMU Pakal Pinang, sulap asal Babel yakni Tomi dan Yoko – keduanya peraih medali of merlin 2016 daru Lembaga Magician Society. Juga ada Defile peserta Parade Tari Nusantara, serta penganugerahan penampilan terbaik.

Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara juga disemarakkan artis ibukota yang akan tampil pada Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 antara lain Aura Kasig dan Wita Band, band kebanggan masyarakat Babel. (endy)

LEAVE A REPLY