Dapur Bomb, Sensasi Kuliner ala Barak Tentara

0
498
Dapur Bomb Bandung (Foto: Indobandung.co.id)

BANDUNG, bisniswisata.co.id: Ingin menikmati sensasi makan ala tentara? Datang saja ke Dapur Bomb di kawasan Jalan Cihampelas Bandung. Di tempat makan yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan di Bandung ini, pengunjung serasa berada di wilayah militer barak tentara dalam film peperangan.

Begitu masuk, pengunjung akan disambut pramusaji berperawakan tinggi dan tegap menggunakan setelan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). Mulai dari rompi anti peluru, kaos berwarna hijau Army, celana PDL loreng, sepatu boot di atas mata kaki, hingga aksesori seperti kantong senjata yang melingkar di kiri dan kanan pinggang.

Meski berdandan serdadu perang, tapi pelayanan para ‘pasukan’ ini tetap ramah dan murah senyum. Bahkan, agar semakin menarik, sajian mi tersebut dinamai dengan berbagai nama unik namun catchy sehingga membuat penasaran.

Suasana barak tentara kian terasa ketika memasuki ruangan berbentuk persegi panjang yang berkapasitas sekitar 40 orang itu. Kursi dan meja panjang terbuat dari kayu berderet mengisi ruangan. Di atas meja terdapat kotak penyimpanan peluru yang dijadikan wadah tisu.

Peta dunia ditempel di dinding bersanding dengan dengan foto menu makanan. Kemudian, di pojokan ruangan berdiri box peluru terbuat dari besi setinggi sekitar 100-150 meter.

“Ide ini berawal dari cita-cita saya menjadi tentara yang tidak kesampaian. Kebetulan suka kuliner, akhirnya saya coba aplikasikan jadi konsep tempat makan saja,” kata Zaky Bangun, pemilik dan pengelola Dapur Bomb

Menu yang disajikan yang terkenal Bakmi ranjau merupakan sajian mi yang dibumbui aneka rempah khas nusantara. Mi yang digunakan adalah mi medan yang bertekstur basah dan berukuran lebih besar dari mi biasanya.

Mi lalu dimasak dengan tambahan bumbu seperti bawang putih, ebi, serta kemiri yang ditumbuk hingga halus. Tingkat kepedasan sendiri bisa dipilih sesuai selera.

“Maksud ranjaunya ini karena kita menambahkan cabai rawit yang tersembunyi dalam sajian mi sebagai kejutan,” kata chef Andri Rosandi dari dapur Bomb.

Bukan hanya menawarkan mi, bakmi ranjau juga dilengkapi ayam, telur, saosin, kol, potongan tomat serta kerupuk. Konsumen juga dapat mengganti ayam dengan udang atau cumi, sesuai selera maing-masing. “Bakmi ranjau juga bisa disajikan dalam bentuk kuah. Rasa tidak terlalu berbeda hanya kalau kuah bumbu yang digunakan lebih banyak,” katanya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY