Danau Limboto Kritis, Pariwisata Terancam

0
501
Danau Limboto

GORONTALO, Bisniswisata.co.id: Danau Limboto di Gorontalo kondisinya kini sangat kritis. Keindaham alam, kejernihan air danau terkikis karena degradasi hingga kerusakan fungsi ekologis yang tidak terganti. Kondisi itu diperparah dengan banyaknya eceng gondok yang memenuhi permukaan perairan bisa membuat danau menjadi dangkal.

Global Invasive Species Database melaporkan, eceng gondok bisa meningkatkan penguapan air dan menurunkan jumlah cahaya dalam perairan yang menyebabkan rendahnya kadar kelarutan oksigen. Imbasnya, kelangsungan hidup mahkluk air menjadi tergangu karena kekurangan oksigen. Bahkan, ledakan populasi eceng gondok bisa mengganggu transportasi air.

“Kerusakan parah Danau Limboto berdampak negatif terhadap ekonomi yang sangat besar. Termasuk pariwisata pun terancam, kini jarang turis asing datang ke Danau Limboto, ini kan menyedihkan,” papar Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa seperti dilansir laman Antaranews, Ahad (26/03/2017).

Winarni melanjutkan, Danau Limboto saat ini masuk dalam 15 kawasan danau kritis nasional. “Kami merasa perlu melibatkan pemerintah pusat dalam upaya penyelamatan Danau Limboto, karena jika berharap anggaran melalui program pemerintah daerah, tidaklah cukup,” lontarnya.

Juga, masyarakat Gorontalo bisa mendapat kerugian besar jika Danau Limboto rusak, karena fungsi ekologis yang tidak terganti. Karena itu, pemerintah daerah Gorontalo mengajak masyarakat berpartisipasi membersihkan eceng gondok di Danau Limboto melalui kompetisi. Namun, itu tidak cukup.

Danau Limboto harus masuk dalam kawasan strategis nasional. “Kalau sudah masuk kawasan strategis nasional, program dari beberapa kementerian dan lembaga akan terintegrasi, sehingga kami optimistis Danau Limboto bisa terselamatkan,” tuturnya. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.