Cuaca Tak Bersahabat, Maskapai & Penumpang Udara Diminta Waspada

0
37
Pesawat hadapi cuaca buruk - Ilustrasi

TANGERANG, Bisniswisata.co.id: PT. Angkasa Pura II (Persero), pengelola Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, mengimbau kepada semua maskapai serta penumpang agar meningkatkan kewaspadaan, berhati-hati terkait dengan kondisi cuaca tidak bersahabat, ekstrem yang melanda akhir-akhir ini.

“Kami mengimbau dengan kondisi cuaca yang ekstrem seperti saat ini, penumpang sebaiknya bersiap menghadapi kondisi yang kurang nyaman. Situasi seperti saat ini diharapkan agar pengguna jasa angutan udara untuk mengantisipasi adanya kendala, kata Branch Communication Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dewandono Prsaetyo Nugroho, dalam keterangan tertulis, Senin (04/12/2017).

Selain itu, lanjut dia, para penumpang saat ini cuaca sangat ekstrem, agar bersiap siaga dalam kondisi tertentu. Kondisi lalu lintas saat ini sulit diprediksi, PT Angkasa Pura II mengimbau pengguna jasa bandara dapat mempersiapkan diri lebih awal untuk datang ke bandara agar tidak terburu-buru saat akan melakukan check in.

“Di Terminal 1 dan Terminal 3 kami sudah menyediakan vending mesin untuk self check in bagi penumpang yang tidak membawa bagasi lebih, sehingga dapat langsung menuju Security Check Point 2 (SCP2), kemudian langsung ke Boarding Lounge,” pesannya.

Meski cuaca ekstrem liburan akhir tahun 2017, nampaknya tak menyurutkan pengguna jasa untuk berlibur di sejumlah kota besar. Tercatat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, ada beberapa jadwal penerbangan dari dan ke Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Tanjung Karang dan Malang mengalami penambahan jadwal.

Diprediksi, ada lonjakan pada libur akhir tahun, mencapai sembilan persen dari tahun sebelumnya. Kenaikan penumpang terjadi sejak libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. “Kenaikan penumpang terjadi sejak Jumat kemarin dan hari ini (Minggu), dengan total mencapai 9,2 persen. Penumpukan terjadi di terminal,” sambungnya.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi terjadinya hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah daerah bantaran sungai dan pegunungan Sumatera Utara, Senin (4/12).

“Waspadai hujan lebat disertai petir yang dapat menyebabkan banjir di daerah bantaran sungai dan longsor di wilayah pegunungan Sumatera Utara,” tulis BMKG melalui situs resminya.

Menurut prakiraan cuaca yang dirilis BMKG, di Sumatera Utara hujan lebat akan terjadi di wilayah Belawan, Medan, Lubuk Pakam, Binjai, Pematang Raya, Pematang Siantar, Langkat, Sei Rampah, Tebing Tinggi dan Kisaran. BMKG juga menyatakan potensi terjadinya angin kencang di wilayah pantai timur Sumatera Utara, Senin.

Sementara itu di daerah Jawa Timur seperti Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Jember dan Lumajang hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi Senin antara siang hingga malam hari. Selain itu ketinggian gelombang mencapai 1,2 hingga 2,5 meter diperkirakan terjadi di Perairan Selatan Jawa Timur dan 1,5 hingga 3,0 meter di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY