China bakal Hapuskan Visa Masuk bagi wisatawan Taiwan

0
438
Turis Taiwan antre masuk ke China (Foto: AFP)

BEIJING, test.test.bisniswisata.co.id: TIONGKOK akan mencabut aturan visa masuk bagi wisatawan Taiwan. Ini merupakan bagian dari rencana mengurangi dinding pembatas antar dua komunitas, yang selama ini dinilai sebagian kalangan kurang harmonis.

Yu Zhengsheng, petinggi Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok, mengumumkan rencana ini dalam sebuah forum di kota Xiamen, Tiongkok, Minggu (14/6/2015).

Selama ini warga Taiwan perlu mengajukan “izin masuk” yang mirip aturan visa sebelum berkunjung ke Tiongkok. Menurut laporan kantor berita Xinhua, aturan baru itu nantinya akan mengganti izin masuk warga Taiwan dengan sebuah kartu yang memberikan akses otomatis ke Negeri Tirai Bambu.

Tiongkok masih melihat Taiwan sebagai bagian dari negaranya. Taiwan berpisah dari Tiongkok pada akhir perang sipil pada 1949.

Sejak menjadi Presiden Taiwan pada 2008, Ma Ying-jeou melakukan banyak kerja sama dengan Tiongkok, dengan lebih dari 20 perjanjian dagang dan pariwisata.

Namun banyak warga Taiwan merasa kurang mendapat keuntungan dari perjanjian dagang pemerintahnya dengan Tiongkok. Mereka juga khawatir pemerintah Taiwan akan semakin mendekat dengan Beijing, dan pada akhirnya bersatu. ***

LEAVE A REPLY