Bus Tingkat Wisata Kini Jelajahi Kota Tua

0
2363
BUS WISATA BEROPERASI

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Sejumlah bus tingkat pariwisata atau city tour diketahui sudah beroperasi hingga ke Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat hingga Juanda bahkan akan dilanjutkan ke Senayan. Padahal, sebelumnya layanan bus ini hanya beroperasi di Masjid Istqlal, Monas, Balai Kota, Sarinah, dan Bundaran HI.

“Bukan hanya Kota Tua yang sudah mulai dilintasi bus tingkat wisata, tetapi juga kawasan Senayan, tepatnya hingga di sekitar Patung Pemuda Membangun,” papar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Antonius Kosasih di Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Dengan rute baru Juanda-Kota Tua, bus tersebut akan melewati Pintu Air Istiqlal-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Olimo-Glodok-Kali Besar-Museum Mandiri Fatahillah-Jalan Kunir (BNI)-ke Kota Tua.

“Halte-halte yang disiapkan untuk menaikan dan menurunkan penumpang di rute baru ini yakni‎ halte Pintu Air Istiqlal, Harmoni, Sawah Besar, Glodok, Museum Mandiri dan BNI 46 Kota Tua,” ucapnya.

Di rute sebaliknya, Kota Tua-Juanda, lanjut Kosasih, bus akan melewati Jalan Kunir (BNI)-Glodok-Olimo-Mangga Besar-Sawah Besar-Harmoni-Juanda hingga Pintu Air Istiqlal. Adapun halte untuk naik-turun penumpang di rute tersebut yakni halte BNI 46 Kota Tua, Glodok, Sawah Besar, Juanda dan Pintu Air Istiqlal.

‎”Operasional bus city tour dengan rute Juanda-Kota Tua saat ini masih diujicoba dari Kota Tua-Monas dan Monas-Bunderan Senayan,” tandasnya.

Kosasih belum dapat memastikan apakah rute tersebut akan berlaku permanen. Sebab, ia menyebut PT Transjakarta masih melakukan uji coba. “Untuk saat ini, masih rute percobaan,” ujarnya.

Sampai sejauh ini, ada enam unit bus tingkat yang digunakan untuk layanan wisata. Lima merupakan bus yang dibeli oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada 2014, sedangkan satu adalah bus sumbangan dari perusahaan minuman. (endy)

LEAVE A REPLY