BUMD Jabar Invetasi Hotel Rp 130 Miliar di Bandara Kertajati

0
36

MAJALENGKA, bisniswisata.co.id: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, KabupatenMajalengka, akan segera dilengkapi dengan sebuah hotel bintang tiga. Keberadaan hotel yang dibangun oleh PT Jaswita Jabar, sebuah BUMD milik Pemprov Jabar itu, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan para penumpang maupun kru pesawat.

Hotel yang rencananya akan diberi nama Hotel Kertajati Internasional Airport tersebut terletak di kawasan komersial BIJB, tak jauh dari terminal BIJB Kertajati. Hotel itu menempati lahan seluas 9.000 meterpersegi. “Pembangunannya ditargetkan selesai selama satu tahun,” ujar Direktur Utama PT Jaswita Jabar Ade Dikdik Isnandar dalam keterangannya, Kamis (10/05/2018).

Hotel baru ini memiliki kapasitas 175 kamar tidur, dengan enam atau tujuh lantai. Dari jumlah kamar tidur itu, sebanyak 40 kamar tidur di antaranya ditargetkan rampung September 2018 guna mengejar kebutuhan bagi kru pesawat dan para penumpang.

Dilanjutkan, anggaran untuk investasi pembangunan hotel diperkirakan mencapai Rp 125 miliar sampai Rp 130 miliar. Sumber dananya, sebesar 70 persen atau 60 persen dari dana perbankan serta sisanya dari perusahaan atau Pemprov Jabar.

Dengan estimasi jumlah penumpang BIJB yang mencapai dua juta penumpang per tahun, hotel ini sangat prospektif. Apalagi ini merupakan hotel pertama dan baru yang berdiri di kawasan bandara yang baru selesai dibangun. “Kami memperkirakan, dalam waktu tujuh sampai delapan tahun, modal yang dikeluarkan sudah bisa kembali,” lontarnya

Dengan potensi jumlah penumpang yang katanya ada dua juta penumpang, tambah Ade, jika setidaknya ada 500 penumpang saja ngenginap di hotel, sudah bisa menghidupi hotel. Juga menambah lapangan kerja baru bagi warga Majalengka. “Sekaligus dapat menarik investor lainnya untuk berinvestasi di Bandara Kertajati, seperti buka resto, galeri, transportasi dan lainnya,” harapnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY