Buku Kuliner Indonesia Memenangkan Hati Dunia

0
224

William Wongso ( kiri ) bersama Rafli L Sato , BAB Publisher usai menerima penghargaan, kemarin ( 28/5).

YANTAI, CHINA, bisniswisata.co.id: Buku kuliner Flavors of Indonesia oleh Chef William Wongso Indonesia meraih juara pertama di Gourmand World Cookbook Awards di Yantai China mengalahkan 98 negara

“Saya mengeksplor misteri makanan lokal kita,” ujar William soal inspirasi di balik pembuatan buku tersebut dalam rilisnya yang diterima hari ini.

Buku yang telah tersedia pada jaringan distributor internasional dibeberapa negara ini tak luput tanpa dukungan dari Kementerian Pariwisata Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan beberapa institusi swasta lainnya.

Dari Yantai, kota pesisir yang terletak di sebelah timur Tiongkok di propinsi Shandong, para juri internasional  memilih buku setebal 198 halaman itu  menjadi Pemenang juara pertama dan dipilih menjadi The Best Book of The Year.

Di dalam kategori nominasi, Buku Flavors of Indonesia bersaing dengan 8 negara lainnya yang dipilih bulan February yang lalu pada kategori Best Book of the Year, dan pemenangnya diumumkan kemarin,  28 Mei di Yantai China.

Buku2 yang bersaing dengan Indonesia adalah :Australia: Garlic Feast, Janice Sutton (JS), Austria: Konstantin Filippou (FP), Perancis: Corsica, David Mezzacqui, Sylvain Alessandri (Clementine), Jerman: Wurst & Küchen, Wolfgang Müller (Mathaes), Indonesia: Flavors of Indonesia, William Wongso (BAB), Israel: Grandma Cooked Gourmet, Tami Shachnaey (Shorasim), Sweden: The Nobel Prize Cookook (Max Ström), Inggris; Zedel, A. A. Gill (Quadrille Hardie Grant), AS:Pure Food, Kurt Beecher Dammeier (BenBella)

Buku kuliner Indonesia ‘Flavors of Indonesia’ diluncurkan di Jakarta 13 Aprll 2016 oleh William W.Wongso sang penulis yang dikenal sebagai tokoh kuliner Indonesia yang menuangkan pengalamannya menjelajahi daerah-daerah di Indonesia.

William Wongso adalah tokoh paling berpengaruh dalam dunia F&B Indonesia dan beragam projeknya yang ambisius bertujuan untuk mempromosikan kuliner lokal di mancanegara.

Buku ini mencatat perjalanannya di berbagai pelosok tanah air terutama ke pasar tradisional untuk mengeksplor “harta karun” dalam bentuk rempah-rempah, sayur-sayuran, buah-buahan yang menjadi komponen penting dalam sajian lokal Indonesia.

Diterbitkan oleh BAB Publishing Indonesia. Terdiri dari 5 bab ini bertutur dari sejarah citarasa seorang William Wongso hingga perjalanannya menjelajahi pulau-pulau di Indonesia, menemukan keunikan citarasa di tiap daerah.

Merupakan suatu kebanggaan yang sangat besar untuk Kementerian Pariwisata sebagai salah satu pendukung dibuatnya buku ini dan  sekarang bahkan menjadi salah satu buku kuliner terbaik di dunia, yang telah membuktikan prestasi yang luar biasa tentang Kuliner Indonesia, di ajang dunia International.

William Wongso yang dikenal sebagai Indonesian Food Ambassador, sekali lagi telah menjadi kebanggaan Indonesia karena telah mengangkat citra kuliner Indonesia di dunia Internasional.

Lewat buku kuliner ini, image pariwisata Indonesia juga akan secara langsung dipromosikan secara global dan effektif, yang akan membantu program Pemerintah mencapai target 20 juta wisatawan datang ke Indonesia. Buku Flavors of Indonesia merupakan suatu warisan yang tak ternilai dari William Wongso untuk Indonesia.

Gourmand World Cookbook Awards didirikan tahun 1995 oleh Edouard Cointreau, pemilik sekolah masak terkenal Cordon Bleu. Setiap tahun, institusinya memberikan award kepada buku terbaik untuk kuliner dan juga program TV Kuliner dari seluruh negara.

The Gourmand Awards juga dikenal sebagai Oscar Award di dunia Kuliner International dan terinspirasi dari semangat Olympic Games. Kota Yantai dipilih utk ketiga kalinya pada ajang pemilihan kontes ke 22 buku Kuliner ini yang sebelumnya diadakan di kota Paris. Swedia, Jepang, Perancis dan Spanyol berhasil meraih penghargaan terbanyak dalam 88 kategori. ( */HAS)

LEAVE A REPLY