Budaya Pendalungan Disuguhkan di Objek Wisata Jember

0
628
Budaya Pendalungan Jember (Foto: /jemberkab.go.id)

JEMBER, bisniswisata.co.id: Tak ingin budaya tradisional sirna ditelan jaman. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember mengenalkan budaya pendalungan Jember ke sejumlah objek wisata. Dengan sebuah harapan agar wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata di Jember dapat mengenal, mengetahui dan memahami budaya Pendalungan.

“Penampilan kesenian tradisional akan disuguhkan di setiap objek wisata, namun kesenian tradisional disesuaikan dengan potensi lokal daerah setempat,” papar Kepala Seksi Budaya, Seni dan Adat Tradisi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember Sirajudin di Kantor Disparbud Jember, Jawa Timur, Selasa (7/2/2017).

Menurutnya Pemkab Jember mendeklarasikan diri sebagai kabupaten yang memiliki budaya pendalungan yakni budaya campuran Jawa dan Madura yang merupakan mayoritas penduduk kabupaten setempat. “Bupati Jember Ibu Faida sudah mendeklarasikan Jember sebagai Kota Pendalungan, sehingga pengembangan wisata juga harus berbasis seni, budaya, dan religi, sehingga kami ingin mengenalkan lebih jauh kepada wisatawan yang datang ke sejumlah objek wisata tentang budaya pendalungan,” tuturnya.

Ia mengatakan kesenian tradisional dan budaya yang ditampilkan di objek wisata tidaklah sama antara satu objek wisata dengan objek wisata lain karena berbasis seni tradisional di sekitar lokasi wisata.

Sehingga kesenian tradisional yang ditampilkan di kawasan pesisir selatan Jember tidak sama dengan objek wisata yang berada di kawasan Jember bagian barat atau timur. “Kami akan coba melatih warga setempat dengan kesenian tradisional warga lokal dan setelah dilakukan pembinaan, maka mereka bisa tampil di hadapan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata itu,” katanya seperti dilansir laman Antaranews.com

Ia berharap dengan hadirnya kesenian tradisional dan budaya pendalungan di tengah-tengah objek wisata semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Jember. “Budaya pendalungan akan dikenalkan secara maksimal baik melalui edukasi maupun penampilan kesenian tradisional, sehingga wisatawan bisa mengenal lebih jauh dengan budaya Jember,” ujarnya menambahkan.

Jumlah objek wisata alam dan buatan baik yang dikelola maupun yang belum dikelola di Kabupaten Jember tercatat sebanyak 59 objek wisata, namun hanya 13 objek wisata yang melaporkan jumlah kunjungan wisatawan kepada Disparbud Jember.

Kunjungan wisatawan ke Jember selama 2016 berdasarkan data Disparbud Jember tercatat sebanyak 1.998.297 wisatawan dengan rincian sebanyak 1.994.924 wisatawan domestik dan sebanyak 3.373 wisatawan mancanegara. (*/ANO)

LEAVE A REPLY