BPPT Kembangkan Wisata Edukasi Energi Terbarukan

0
362
Baron Technopark di Gunung Kidul (Foto: Jalan-Jalan Nusantara)

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Kawasan Baron Technopark di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikelola Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dikembangkan menjadi destinasi wisata edukasi energi terbarukan. Kawasan seluas 9,5 hektare ini dikembangkan dengan target 50 ha.

Di lokasi ini selain wisata edukasi dilengkapi zona camping berbasis teknologi. Jumlah pengunjung sepanjang tahun 2016 ini pun melonjak dari target awal 1200 pengunjung. Baron Technopark mencatat sejak Januari-September 2016 sebanyak 4000 pengunjung.

Kepala Sub Bidang Pengelolaan Technopark Energi Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BPPT, Ridwan Budi Prasetyo, mengatakan, pengunjung Baron Technopark tertarik melihat pemanfaatan energi terbarukan dari sinar matahari dan angin. “Dengan mengembangkan energi terbarukan, kami bisa memanfaatkan listrik dari energi surya dan angin tersebut,” katanya di Baron Technopark, Gunung Kidul, Kamis (8/12).

Selain bisa menghasilkan listrik sendiri dan dimanfaatkan untuk kebutuhan internalnya, Baron Technopark juga melakukan desalinasi air laut untuk pasokan air bersih kawasan ini. Juga
pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di kawasan ini dapat menghasilkan 36.000 watt atau 36 kilowatt (Kwh). Sedangkan untuk pembangkit listrik tenaga angin dari empat kincir yang ada menghasilkan 16000 watt listrik.

Jika sejumlah sumber energi terbarukan itu dikalkulasi mampu mengaliri listrik 50 rumah. Dalam perjalanannya, Baron Technopark juga kerap kali dijadikan rujukan pembelajaran bagi daerah atau instansi yang ingin mengembangkan energi terbarukan. “Konsep energi terbarukan ini dapat dijadikan pilot project di luar Pulau Jawa khususnya di pulau terpencil,” ucapnya.

Pengembangan PLTS juga telah digagas perusahaan swasta di Gunung Kidul dan pembangkit listrik tenaga angin di pantai baru di kawasan sekitar Gunung Kidul. Pengembangan itu pun didukung transfer pengetahuan dari Baron Technopark. Dari desalinasi air laut menjadi air bersih menghasilkan 10.000 liter air per hari dengan didukung 6000 watt listrik.

Pada 21-22 Desember 2016 mendatang Baron Technopark akan menggelar Baron festival. Selain akan menampilkan inovasi para siswa di Gunung Kidul, festival ini juga diisi festival kuliner dan budaya Gunung Kidul. (*/SPO)

LEAVE A REPLY