Box Office, Thor: Ragnarok Raup Rp1,6 Triliun

0
40
Film Thor Ragnarok

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Box Office akhir pekan ini masih dikuasai Thor: Ragnarok. Film ketiga seri Thor dari Marvel—Disney itu berhasil meraup USD121 juta (Rp1,6 triliun) dan menjadi pembukaan keempat terbesar pada tahun ini.

Selain memecahkan rekor sebagai seri Thor terlaris, film ini juga mengakhiri keterpurukan box office terburuk pada Oktober lalu. Thor kini ada di tempat keempat film dengan debut akhir pekan terbesar 2017 di belakang Beauty and the Beast dengan USD174,8 juta, Guardians of the Galaxy Vol 2 dengan USD146,5 juta dan It dengan USD123,4 juta.

Thor: Ragnarok berhasil menggeser posisi Spider-Man: Homecoming yang awalnya berada di tempat keempat pembukaan terbesar tahun ini. Film produksi bareng Marvel dan Sony itu meraup USD117 juta pada pekan pembukaannya pada Juli lalu.

Di pasar luar Amerika, Thor: Ragnarok juga berjaya. Film ini sudah meraup USD306 juta, termasuk USD109 juta pada peluncuran internasonalnya pekan lalu di 52% pasar asing. Film ini diluncurkan lebih luas ke sejumlah wilayah di luar Amerika Utara akhir pekan ini.

Pencapaian Thor: Ragnarok itu melebihi perkiraan sebelumnya yang berkisar antara USD100—118 juta. Perolehan Thor itu termasuk pemutaran di 3.400 layar 3D, 391 layar IMAX, 616 layar format besar premium dan 204 D-Box. Total pemasukan IMAX mencapai USD25,4 juta,

Thor: Ragnarok yang juga dibintangi Chris Hemsworth sebagai sang Dewa Petir berhasil mengungguli dua pendahulunya. Seri ketiga ini meraih pendapatan hampir dua kali lipat pembukaan Thor pada 2011 yang meraup USD65,7 juta dan lebih besar 41% di atas sekuelnya, Thor: The Dark World pada 2013 yang meraih USD85,7 juta.

Dikutip dari Variety, Thor: Ragnarok secara resmi juga membuka musim liburan dengan gebrakan besar. Setelah Thor: Ragnarok, penikmat film juga akan dimanjakan dengan dirilisnya produksi Warner Bros.—DC Entertainment, Justice League, yang akan mulai tayang pada 17 November mendatang. Sementara, pada Desember nanti, ada Star Wars: The Last Jedi keluaran Disney—Lucasfilm.

November sudah menjadi kursi panas bagi film blockbuster dan penting pada tiap tahun seperti bulan-bulan musim panas dan sudah menjadi tempat peluncuran bagi sejumlah franchise terbesar dalam sejarah box office termasuk Harry Potter, The Hunger Games dan Twilight, belum lagi menjadi bulan favorit untuk peluncuran seri James Bond.

“Sekarang Thor akan bergabung dengan klub pembuka November USD100 juta, menjadi film kesembilan yang mencapai batasan itu dan yang pertama dalam bagian pertama bulan ini,” papar Paul Dergarabedian, analis media senior di comScore, Senin (06/11/2017).

Thor: Ragnarok disutradarai Taika Waititi dari naskah yang ditulis Eric Pearson dan tim penulis Craig Kyle dan Christopher Yost. Film ini juga dibintangi Tom Hiddleston, Cate Blanchett, Idris Elba, Jeff Goldblum, Tessa Thompson, Karl Urban, Mark Ruffalo, dan Anthony Hopkins. Karakter Thor, berdasarkan mitologi Norse, dibuat pada 1962 oleh Stan Lee, Larry Lieber dan Jack Kirby untuk Marvel Comics. (DAY)

LEAVE A REPLY