Bom Guncang Pusat Kebudayaan Turki, 28 Wisatawan Tewas

0
422

SURUC TURKI, test.test.bisniswisata.co.id: LEDAKAN BOM mengguncang kawasan Pusat Kebudayaan di Kota Suruc, Turki yang berbatasan dengan Suriah. Serangan yang diduga bom bunuh diri itu menewaskan paling tidak 28 orang wisatawan dan melukai hampir 100 orang, yang tengah menikmati pertunjukkan kebudyaan tradisional Turki.

“Ledakan itu terjadi di taman Pusat Kebudayaan Senin siang sekitar pukul 12.00 waktu setempat,” ucap pihak Kementerian Dalam Negeri Turki seperti dilansir BBC, Senin (20/7/2015).

Menurut sejumlah pejabat Turki, bukti awal menunjukkan itu adalah serangan bom bunuh diri oleh kelompok Negara Islam atau ISIS. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun mengutuk pengeboman tersebut.

Gubernur Sanliurfa, Izzettin Kucuk, mengatakan akan menyelidiki pengeboman tersebut, termasuk identitas pelaku bom bunuh diri yang diduga wanita berusia 18 tahun. “Kami akan berbagi hasil investigasi pada waktunya nanti.”

Kota di Turki tersebut berbatasan dengan Kota Kobani di wilayah Suriah yang mengalami pertempuran hebat antara pasukan Kurdi dan ISIS.

Tak mengherankan, bila kemudian Suruc tercatat sebagai salah satu kota yang paling banyak menampung pengungsi Suriah. Saat ini terdapat 35.000 pengungsi Suriah yang ditampung di sana. (*)

LEAVE A REPLY