Black Sabbath Pensiun

0
61

LONDON, bisniswisata.co.id: Black Sabbath, band rock legendaris membuat pengumuman pensiun setelah hampir 50 tahun berkarya. Gembar-gembor pembubaran diri dengan memposting obituary ringkas di akun facebook-nya juga diunggah lewat akun Twitter resmi Black Sabbath pada Selasa, (7/3/2017) waktu Inggris. Postingan itu cukup sederhana karena hanya menampilkan nama ‘Black Sabbath’ dengan tulisan ‘1968-2017’ di bawahnya.

Di bagian caption, admin juga menampilkan tagar #TheEnd, yang juga menjadi tema dari tur terakhir mereka pada Januari 2017 lalu. Bulan lalu, para personil yang tersisa memang menggelar konser perpisahan sebelum membubarkan band ini secara resmi pada 7 Maret 2017. Ozzy Osbourne dan rekan-rekannya terakhir tampil pada bulan lalu di kampung halaman mereka di Birmingham.

Meski demikian, tidak semua anggota berpartisipasi dalam konser perpisahan ini. Tommy Clufetos hadir menggantikan drummer asli Black Sabbath, Bill Wards. Sementara itu, Geoff Nicholls yang pernah memegang posisi keyboardist meninggal dunia akibat kanker paru-paru yang dideritanya.

Black Sabbath sendiri sejauh ini telah menghasilkan 19 album studio, dengan album terakhirnya berjudul 13 (2013). Dalam konser terakhir beberapa waktu lalu, mereka juga menjual satu album spesial (dan terakhir) yang hanya bisa didapatkan di konser.

Black Sabbath adalah kelompok musik dari Inggris yang dianggap sebagai salah satu pendiri aliran musik heavy metal. Didirikan oleh Ozzy Osbourne (vokal), Tony Iommi (gitar), Geezer Butler (bass) dan Bill Ward (drum), mereka telah mengalami sekian banyaknya pergantian personel sehingga pada satu saat hanya Iommi yang tersisa dari formasi awal.

Black Sabbath juga telah beberapa kali mengadakan reuni dengan mantan-mantan anggotanya, baik di atas panggung maupun di studio rekaman. Saat ini status mereka adalah vakum, dengan masing-masing anggota berkonsentrasi pada solo kariernya. Lagu-lagu populer Black Sabbath antara lain Iron Man, War Pigs dan Childern of The Grave dan lagu yang menjadi favorite sekaligus hitsnya adalah Paranoid. (*/SEN)

LEAVE A REPLY