Berlibur ke Negeri China, Jangan Lakukan Ini…

0
1610

TIONGKOK, test.test.bisniswisata.co.id: LIBURAN di Tiongkok tak bisa sembarangan bersikap. Ada empat hal yang tak boleh dilakukan, apa saja itu? Tiongkok mempunyai banyak tradisi kuno yang masih dijalankan sampai sekarang. Turis-turis sebagai tamu pun harus mengikuti tradisi atau norma-norma yang tidak tertulis ini agar diterima.

Sebaiknya jangan melakukan empat hal berikut ini ketika berlibur di Tiongkok seperti dikutip Travelversed, Rabu (30/09/2015):

01. Jangan tinggalkan sumpit berdiri tegak
Mencicipi hidangan tradisional di Tiongkok tentu kita akan menggunakan sumpit. Namun, satu yang perlu diingat, jangan tinggalkan sumpit dalam posisi berdiri tegak di antara nasi selesai makan. Ternyata, pemilik restoran akan melihatnya seperti dupa yang digunakan sebagai persembahan orang meninggal.

02. Jangan berbagi buah pir
Saling berbagai adalah tindakan yang baik sesama teman. Tetapi, di Tiongkok sebaiknya kita tidak berbagi buah pir kepada siapa pun. Di Tiongkok, berbagi buah pir artinya sebuah ucapan perpisahan atau kita tidak ingin bertemu lagi dengan orang tersebut.

03. Hindari pemesanan angka empat
Penduduk lokal Tiongkok mempunyai kepercayaan mengenai angka sial. Bila kebudayaan Barat mempercayai angka 13 sebagai kesialan, maka di Tiongkok adalah angka empat. Jadi, cobalah untuk menghindari pemesanan berbau angka empat, termasuk memesan gelas minuman dalam jumlah tersebut.

04. Jangan sembarang menaruh kartu nama
Ketika berkenalan, biasanya kita saling bertukar kartu nama. Ketika bertukar kartu nama, biasanya kita langsung menyimpannya di dalam dompet dan menaruh di saku belakang. Tetapi, ketika di Tiongkok sebaiknya kita tidak melakukan hal tersebut. Menurut kepercayaan orang-orang Tiongkok, tindakan tersebut berarti kita ingin menduduki mereka. . (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY