Solideratitas Las Vegas, Lampu Menara Eiffel Dimatikan

0
207
Lampu Menara Eiffel dimatikan, banyak copetnya

PARIS, Bisniswisata.co.id: Destinasi wisata dunia Menara Eiffel memadamkan lampunya pada Senin (2/10/2017) malam sebagai penghormatan berkabung kepada para korban serangan di Las Vegas dan Marseille, yang menewaskan sedikitnya 59 orang dan mencederai ratusan lainnya.

“Malam ini kita akan mematikan lampu Menara Eiffel dari tengah malam untuk menghormati korban serangan di Marseille dan Las Vegas,” kata Wali Kota Paris Anne Hidalgo, menambahkan tagar “kita bersatu.”

Sedikitnya 59 orang tewas dan ratusan lainnya terluka pada Minggu (1/10/2017) waktu AS, saat seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah konser di Las Vegas dalam penembakan massal paling mematikan dalam sejarah modern Amerika Serikat. Pada Minggu, seorang pria menikam dua perempuan muda di luar stasiun kereta utama di Marseille, kota terbesar kedua di Prancis.

Ibu Kota Prancis sudah berkali-kali mematikan lampu-lampu Menara Eiffel pada malam hari untuk menunjukkan solidaritas bagi para korban serangan teror, dari London hingga Kabul, menurut warta kantor berita AFP, Selasa (03/10/2017).

Sementara itu, saham pabrik senjata api (senpi) meningkat pasca tragedi penembakan di pelataran Hotel Mandalay Bay, Las Vegas. Sebaliknya saham hotel mengalami penurunan.

Televisi NBC News Selasa (03/10/2017) mengabarkan, saham di Pabrik Senjata American Outdoor Brand dikenal dengan nama Smith & Wesson, naik 7 persen. Hal yang sama juga dialami Sturm Ruger, yang dikenal sebagai produsen senjata semi-otomatis, sahamnya naik 6 persen.

Kenaikan harga saham terjadi tiap kali bersamaan dengan peristiwa penembakan. Para pemilik saham perusahaan senjata api memborong sahamnya karena khawatir, senjata api bakal dilarang atau dibatasi.

Rommel Dionisio, direktur umum Aegis Capital menjelaskan pada CNBC bahwa industri senjata api memperkirakan “Penjualan senjata api akan meningkat dua atau tiga bulan ke depan” setelah pembantaian di Kelab Malam Pulse di Orlando, Florida tahun lalu. “Juga setelah terjadi penembakan di San Bernardino, California 2015,” kata Rommel Dionisio.

Tapi, saham-saham hotel dan kasino di Las Vegas menurun setelah peristiwa penembakan di Mandalay Bay. MGM Resorts, pemilik Hotel Mandalay Bay, merosot sahamnya sampai 5 persen saat pembukaan perdagangan saham, Senin.

Demikian juga yang dialami wynn Resorts. “Kami ikut berdukacita kepada para keluarga korban tragedi semalam,” bunyi Twitter MGM Resort. “Kami memuji tindakan cepat yang dilakukan para petugas keamanan,” sambungnya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.