Berharap Indonesia Jadi Tuan Rumah KWC Asia 2018

0
555

DENPASAR,test.test.bisniswisata.co.id: Penyelenggara Karaoke World Championships ( KWC) Asia,  Elle Quan, mengatakan Indonesia dapat menjadi tuan rumah kompetisi tingkat dunia atau tingkat Asia  tergantung dari kesiapan menjadi tuan rumah. Ajang kompetisi para penyanyi amatir ini berhadiah total US$ 3000.

“Penyelenggaraan kali ini di Bali adalah tingkat Asia dengan peserta 24 orang dari 13 negara berlangsung dari 9-11 Oktober 2015. Untuk tingkat dunia akan berlangsung pada 19-22 November 2015 di Singapura. Meskipun Indonesia sudah menjadi tuan rumah di tahun ini bisa jadi tuan rumah lagi di kota lain,” kata Elle Quan, Executive Director KWC untuk wilayah Asia asal Singapura.

Menurut dia untuk penyelenggaraan di Bali ini meski jumlah peserta hanya 24 orang tetapi total jumlah yang datang termasuk panitia dan para supporter dari masing-masing kontestan mencapai 300 orang.”Kami saja baru dari panitia Singapura sudah 15 orang yang datang. Belum termasuk kontestan asal Singapura” jelasnya.

Elle Quant mengatakan bahwa para peserta yang datang adalah pemenang tingkat nasional dari negaranya masing-masing. Oleh karena itu mereka yang datang ke Bali sebagai tuan rumah umumnya di dampingi oleh panitia negaranya masing-masing dari industri karaoke. maupun keluarga.

” Untuk Indonesia pemegang lisensinya adalah Inul Vista Karaoke oleh karena itu untuk penyelenggaraan di tingkat nasional pihak Inul yang menyelenggarakan termasuk mengajukan menjadi tuan rumah KWC tingkat Asia ini bekerja sama dengan panitia KWC dari  Singapura, Malaysia dan Macau,” ungkapnya.

Elle Quant ( tengah atas) bersama wakil dari Indonesia dan para pendukung acara dari Jepang DAM. ( foto Hilda Sabri Sulistyo)
Elle Quant ( tengah atas) bersama wakil dari Indonesia dan para pendukung acara dari Jepang DAM. ( foto Hilda Sabri Sulistyo)

Elle menjelaskan bahwa kompetisi penyanyi amatir internasional ini membuka jalan bagi masyarakat dunia yang memiliki suara indah untuk berkarir sebagai penyanyi profesional karena selain menerima hadiah uang dan trophi juga dari tingkat nasional memberikan training untuk vokal serta penampilan panggung. Mereka juga mendapat kesempatan masuk dunia rekaman dan mendapat kesempatan untuk pentas di negara-negara perwakilan KWC.

Menurut dia selaku tuan rumah, pihak Inul Vista sangat koperatif di dukung pula oleh Kementrian Pariwisata. Pada acara jamuan makan malam Jumat lalu semua peserta di hibur dengan tarian-tarian Bali dan mendapat sejumlah gimmick dari Kemenpar termasuk T-shirt.

” Di akhir acara sebelum pulang ke negara masing- masing Kemenpar juga memberikan post tour mengunjungi obyek-obyek wisata di Pulau Dewata ini. Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan publikasi dari Kemenpar karena pengalaman peserta akan menjadi promosi dari mulut ke mulut,” kata Elle Quant.

Sementara itu Shan Kim dari Inul Vista Karaoke mengatakan pihaknya akan mengajukan kembali RI sebagai tuan rumah pada 2018 untuk mendukung perhelatan akbar Asian Games 2018  yang  berlangsung di Jakarta dan Palembang. Waktu penyelenggaraan juga akan bersamaan dengan kegiatan olahraga di kawasan Asia itu.

” Kita berharap Jakarta jadi tuan rumah KWC Asia jadi nama Indonesia makin berkibar di peta tujuan kegiatan Meeting Incentive Conference Exhibition (Mice) karena bersamaan dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Apalagi Olahraga dan karaoke sana-sama menjadi bagian dari gaya hidup yang mendukung pengembabngan pariwisata RI.         ( hildasabri@yahoo.com).

 

 

LEAVE A REPLY