Bercanda Bawa Bom di Pesawat, Oknum TNI Ditangkap

0
378

BATAM, test.test.bisniswisata.co.id: Bercanda membawa duka. Seorang penumpang Pesawat Lion Air JT-810 dari Batam tujuan Banda Aceh diamankan petugas setelah bercanda mengaku ada bom di tas yang dibawanya. Akibat bercanda terpaksa tidak boleh naik pesawat, malah menjalani pemeriksaan intensif karena perbuatan bercanda malah terancam pidana.

“Saat pramugari ingin membantu memasukkan tas seorang penumpang dalam kabin bagasi, tiba-tiba yang bersangkutan bilang itu ada bomnya. Meskipun kesannya bercanda, namun calon penumpang itu tetap diamankan petugas,” kata Distrik Manager Lion Air Batam, M Zaine Bire, Selasa (12/7/2016).

Kementerian Perhubungan sudah mengatur sanksi pidana kurungan atau penjara bagi penumpang yang bercanda mengaku membawa bom saat berada di pesawat. Hukuman bervariasi bergantung besaran pelanggaran yang dilakukan oleh penumpang.

“Pramugari itu selanjutnya melapor ke pilot yang selanjutnya melaporkan hal tersebut ke Avsec (aviation security), sehingga dengan cepat penumpang tersebut dievakuasi. Penumpang lain tetap dalam pesawat dan diterbangkan,” tambahnya.

Pelaku, selanjutnya menjalani pemeriksaan di kantor oleh Avsec dan POM TNI mengingat yang bersangkutan merupakan oknum anggota TNI. “Selanjutnya pelaku diserahkan ke Propam TNI. Tidak ada bom dalam tas yang dibawa penumpang itu,” ujarnya. (*/INO)

LEAVE A REPLY