Berat, Target Kunjungan Wisman ke Banten 2017

0
948
Pantai Pulau Karang banten belum dikelola optimal (Foto: http://panduanwisata.id)

SERANG, bisniswisata.co.id: Provinsi Banten diberi target Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) hingga 20 persen dari capaian kunjungan tahun sebelumnya. Dirasakan sangat berat, Banten hanya sanggup 10 persen.

“Pemerintah pusat pada tahun ini meletakan sektor pariwisata sebagai target unggulan. Kemenpar sudah menetapkan, Banten diminta untuk meningkatkan wisman dan wisnus naik 20 persen dari capaian 2015. Kenapa 2015, karena data 2016 belum dirilis BPS,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati di Serang.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata (Dispar) Banten, kunjungan wisatawan nusantara di Banten pada 2015 mencapai 14,5 juta, sedangkan wisman sebanyak 127 ribu. Namun demikian, Pemprov Banten hanya menyanggupi peningkatan tersebut di angka 10 persen. Hal tersebut dinilai realistis untuk Banten.

“Target wisman secara nasional 15 juta. Untuk wisnus 265 juta. Banten ditarget pertumbuhannya 20 persen dari capaian 2015, tetapi kita sanggupi 10 persen saja. Karena untuk meningkatkan itu harus dengan upaya yang luar biasa, tidak bisa dilakukan dengan cara biasa,” kata Eneng.

Provinsi Banten juga diminta melakukan penataan berbagai sektor dalam menunjang pariwisata, seperti penataan destinasi wisata dan akses jalan. “Kita juga diminta penataan destinasi, aksesnya akses darat, cara memasarkan potensi destinasi yang ada. Juga adanya Tol Serang-Panimbang nanti turut menunjang pariwisata kita,” kata Eneng.

Pihaknya berharap adanya sinergitas antar lembaga maupun stakeholder lain dalam upaya mengembangkan pariwisata di Banten. “Saya sudah komunikasi dengan Pak Hadi (Kadis PU) untuk meminta ada pemetaan jalan-jalan yang menunjang pariwisata, mana saja yang kondisinya belum baik,” katanya seperti diunduh laman Antaranews, Sabtu (04/03/2017),

Provinsi Banten masuk kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), salah satunya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Pandeglang. Kemudian Taman Nasional Ujung Kulon juga termasuk dalam 10 destinasi prioritas.

“Banyak destinasi wisata di Banten yang potensial. Oleh karena itu, sejak 2016 Provinsi Banten menetapkan tujuh wonders of Banten, yaitu Banten Lama, Pantai Anyer-Carita, Sawarna, Tanjung Lesung, TNUK, Baduy, dan Festival Cisadane,” kata Eneng. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.