Beragam Kuliner Khas Makassar bagi Wisatawan, Mau Coba?

0
522
Coto Makassar

MAKASSAR, bisniswisata.co.id: Menginjakan kaki di Makassar rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner khas kota Daeng, dan memang khusus dipersembahkan bagi wisatawan yang berwisata di kota terletak di Sulawesi Selatan.

Beragam wisata kuliner yang dapat menggoyang lidah. Sebut saja, Sop Konro dan Konro Bakar sudah pasti menjadi incaran saat berkunjung ke Makassar. Selain kedua masakan itu, Kota Kelahiran Sultan Hasanuddin ini masih menyimpan berbagai jenis kuliner yang jangan sampai terlewat.

01. Pisang Ijo

Siapa yang bisa menolak kenikmatan pisang yang satu ini? paduan pisang dan tepung beras ditambah bubur, sirop dan es serut membuat hidangan ini benar-benar mengugah selera. Hidangan ini Cocok dinikmati saat udara panas. Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan.

02. Kuliner Pedas Makassar

Bagi yang gemar dengan kuliner pedas, Nasu Palekko tentu tidak boleh tertinggal. Makanan ini terbuat dari daging itik atau daging yang dipotong-potong dan dimasak dengan rasa pedas. Makanan suku Bugis ini biasanya memeiliki aroma khas yang berasal dari minyak goreng yang berasal dari lemak bebek. Nasu Palekko kerap disajikan berbarengan dengan lontong. Selain Nasu Palekko, kuliner pedas lainya adalah nasu cemba asal Enrekang. Nasu Cemba merupakan sup daging sapi yang diolah dengan bumbu daun cemba.

03. Aneka makanan berkuah

Coto Makassar sudah pasti jangan Anda tinggalkan. Makanan yang biasa berisi daging atau jeroan sapi ini berkuah cokelat keruh yang gurih. Makanan ini kerap disajikan bersama dengan ketupat. Hidangan ini biasa dimakan sebagai sarapan di Makassar.

04. Sop Saudara

Makassar juga memiliki kuliner kuah lain yakni Sop saudara. Sekilas makanan ini memang mirip dengan Coto Makassar karena memiliki kuah yang pekat dan kental, bedanya sop saudara berisi bihun dan perkedel. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar.

05. Pallubasa

Kuliner kuah lainnya adalah Pallubasa. Masakan ini hampir seperti Coto dan Sop Saudara yang berisi daging sapi. Hanya saja, kuliner ini ditambah dengan taburan serundeng dan biasa disajikan bersama nasi putih. Pallubasa juga sering ditambah telur mentah yang kemudian akan masak dengan sendirinya karena kuah yang panas.

06. Barongko

Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar berupa kue pisang yang sangat lembut. Pisang yang menjadi bahan baku utamanya di olah sedemikian rupa, daging pisang dihaluskan bersama bahan yang lain seperti telur, gula, garam dan susu bubuk, lalu dibungkus memakai daun pisang berbentuk bungkusan pecal. baca resep kue bugis makassar

07. Pisang Epe

Dilihat dari namanya pastilah makanan khas kota Makassar ini terbuat dari pisang. Pisang yang dijadikan bahan pembuatannya yaitu pisang kepok setangah mengkal. Proses pembuatannya pun tergolong sangat mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga gampang untuk dicari. Pisang yang telah dikupas dibakar diatas bara api, kemudian dibolak-balik hingga harum dan lembek. Pisang diambil kemudian di tekan hingga pipih, kemudian di bakar kembali. Setelah melakukan pembakaran, pisang ditaruh diatas piring dan kemudian untuk toppingnya gula merah dicampur dengan air daun pandan ditambah dengan garam dan durian yang direbus hingga kental, dan kemudian disiramkan keatas susunan pisang yang disajikan diatas piring

08. Es Palu Butung

Es Palu Butung adalah es campur gaya Makassar yang merupakan makanan penutup sangat populer dari Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan utama pembuatan es ini berupa pisang hijau yang dipotong-potong yang diletakkan diatas semacam bubur berwarna putih yang terbuat dari santan ditambah dengan es serut dan susu kental. Es ini juga biasa tersaji di warung-warung karena memang dua hidangan ini berasal dari daerah yang sama.

09. Gogogso

Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan ketika lebaran, selain ketupat lebaran, gogoso pun juga turut meramaikan bersama dengan bersama dengan aneka masakan lainya pada hari-hati biasa, gogoso banyak ditemukan didaerah pantai losari atau dipinggir-pinggir jalan kota makassar biasanya dijajakan oleh pedagang asongan bisanya dijajakan bersama telur asin atau lebih akrab dengan sebutan orang makassar Bayao Kannasa, dan kacang rebus. baca resep gogoso

10. Mie Titi

Mie titi kuliner makanan khas makassar sulawesi selatanBerbeda ketika menyantap Mie pada umumnya yang disajikan secara basah dan kenyal. Salah satu makanan khas Makassar Sulawesi Selatan ini memiliki gaya yang unik dalam penyajian mie. Sebelum disajikan, masakan khas Makassar ini akan di goreng hingga kering terlebih dahulu, baru kemudian disiram kuah kental yang terbuat dari telur dan sayur. Nama makanannya adalah “Mie Titi”.
Saat ini penyajian mie titi telah mengalami modifikasi dengan menambahkan beberapa pelengkap seperti bakso, sosis, daging ayam dan udang. Sejarah awal mula Mie Titi berasal dari seorang keturunan Tionghoa yang telah lama tinggal di Makassar. Sebelumnya Mie Titi hanya dimasak untuk keperluan keluarganya namun lambat laun, sajian mie titi ternyata enak dan digemari masyarakat sekitar. Sehingga semakin lama mie titi menjadi terkenal hingga sekarang. (BBS)

LEAVE A REPLY