Beli Songket Khas Minang, Presiden Bangga Pakai Kain Khas Indonesia

0
144
Presiden saat mengiunjungi pengrajin kain songket (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

SAWAHLUNTO, Bisniswisata.co.id: Bukan rahasia lagi jika kunjungan ke daerah, Presiden Jako Widodo selalu menyempatkan untuk mampir di mall, cafe khas Indonesia, atau sebuah toko yang menjajakan produk Indonesia. Begitu juga saat menuju Kota Solok dari Dharmasraya, Sumatera Barat, Kepala negara bersama Ibu Negara Iriana menyempatkan diri mampir ke salah satu toko kain Songket khas Minang.

Toko kain itu bernama Songket INJ, Silungkang di daerah Sawahlunto. Iring-iringan mobil kepresiden Indonesia-1 pun berhenti. Presiden Jokowi bersama Ibu negara Iriana turun dari mobil langsung masuk toko Kain Songket. Ucapan selamat datang menyambut kedatangan tamu istimewa disampaikan pemilik toko. Bahkan Istri pemilik toko Arena Songket mengalungkan syal warna merah ke Ibu Negara sebagai tanda selamat datang.

Pemilik toko mengajak Presiden dan Ibu Negara masuk ke dalam toko untuk melihat-lihat. Dipandu dua pegawainya, pemilik toko mengeluarkan beberapa helai kain songket untuk ditunjukkan kepada Presiden dan Ibu Negara. Presiden tampak hanya melihat-lihat. Sementara yang meraba kain helai per helai adalah Ibu Negara.

Presiden sempat bertanya, “Ini (kain songket) yang baik?”. Setelah sekitar 10 menit memilih, Ibu Negara akhirnya memutuskan membeli tiga helai kain songket berwarna putih, krem, dan ungu. Setiap kain seharga Rp 350.000. “Totalnya jadi Rp 1.050.000,” ujar salah seorang pegawai.

Sementara kain songket yang dibeli Jokowi berwarna biru, merah, dan merah tua dengan motif yang sama, dipinggir kain terdapat corak berwarna emas. Seusai membeli kain songket, Jokowi kembali menyapa warga yang telah menunggunya di luar toko dan berfoto bersama.

Pegawai toko itu menjelaskan, ada tiga jenis kain songket yang dijual di tokonya. Kain paling murah seharga Rp 200.000. Adapun kain songket yang paling mahal harganya Rp 700.000. “Jadi, yang dibeli Ibu (Iriana) yang kelas menengahlah,” katanya seperti dikutip laman Kompas.com, Jumat (09/02/2018).

Setelah mendapatkan songket pilihan, Presiden dan Ibu Negara melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Solok menggunakan mobil kepresidenan Indonesia-1. Menurut rencana, di Solok, Presiden menghadiri acara pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Pangan Beras Sejahtera.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @jokowi, Jumat (9/2), Jokowi terlihat memakai kemeja lengan panjang digulung sedangkan Iriana memakai kerudung putih dan selendang songket. “Beli songket khas Minang. Bangga memakai kain khas Indonesia,” tulis akun @jokowi.

Video Jokowi dan Iriana membeli songket sudah diunggah dua jam lalu. Kini sudah 175.209 pengguna Instagram yang menonton video Jokowi dan Iriana membeli songket. Selain itu, sebanyak 36.171 orang menyukai video Jokowi dan Iriana membeli songket.

Kain Songket merupakan produk tekstil yang telah dikenal sebagai warisan budaya Minang. Tidak hanya dikenal karena keindahan kilau benang emas dalam berbagai motif yang unik saja, tetapi juga karena fungsi sosialnya sebagai alat kelengkapan kostum tradisional.

Kain songket selalu menjadi inspirasi. Tidak hanya menjadi objek budaya, tetapi juga dapat menjadi sumber kreasi terutama bagi para desainer dan pelaku industri sehingga dapat memberikan kontribusi besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Lebih dari itu,
kain songket dapat mengangkat nama Indonesia karena keunikan dan keunggulannya.

Semula warna paling dominan dalam kain songet adalah warna merah dan hitam. Namun songket terus mengalami inovasi dan modifikasi sehingga kini sudah kaya akan warna, seperti warna hijau dan biru. Motifnya pun sudah banyak mengalami penyesuaian agar terlihat modis dengan model masa kini. (NDHYK)

LEAVE A REPLY