Bekraf Permudah UKM Kreatif

0
95

BALI, bisniswisata.co.id,- BADAN Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Asistensi Pencatatan Informasi Keuangan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kreatif di Seminyak Bali hari ini (1/8). Sebagai tindak lanjut dari Kelas Manajemen Keuangan Perbankan Konvensional yang tahun lalu diikuti oleh 700 pelaku kreatif di tujuh kota.

“Bekraf menyelenggarakan acara ini untuk membantu pelaku ekraf (ekonomi kreatif) agar memiliki catatan keuangan usaha dan evaluasi keuangan yang baik. Dengan memanfaatkan aplikasi android. Sehingga, pelaku UKM kreatif bisa membuat laporan keuangan dimanapun, kapanpun dengan praktis melalui smartphone,” ucap Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K. Kusuma.

Tahun ini, Bekraf memfasilitasi 500 pelaku UKM kreatif di lima kota untuk mengetahui manajemen keuangan usaha, pencatatan informasi keuangan, dan membuat laporan yang baik dan benar dengan aplikasi android yang bisa didownload dan digunakan menggunakan smartphone. Bekraf mengawali asistensi ini dengan memberikan pelatihan kepada 100 pelaku UKM kreatif di Bali. Acara ini akan dilanjutkan di Palembang (September 2017), Lampung (Oktober 2017), Mataram, dan Makassar (November 2017).

Bekraf menghadirkan trainer akuntansi Khusnaini untuk mengajari 100 pelaku UKM kreatif Bali cara mengelola keuangan dengan aplikasi android pada smartphone. Khusnaini menjelaskan pembukuan keuangan usaha dengan aplikasi akuntansi UKM Money Manager. Aplikasi ini tersedia di google playstore dan dapat diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.akutansiukm

“Jadi selama ini banyak UKM campurkan uang pribadi dan usaha, makanya sulit berkembang,” ungkap Khusnaini.

Dosen ini, berbagi keahlian mencatatkan keuangan usaha yang benar, yaitu laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi umum.

“Laporan keuangan bisa digunakan untuk mengakses keuangan perbankan dan evaluasi manajemen usaha. Teman-teman bisa pakai android supaya lebih mudah,” imbuh Khusnaini.

Khusnaini mengakui antusias para pelaku UKM kreatif yang pernah mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi akuntansi UKM Money Manager pada smartphone.

Bekraf juga menghadirkan praktisi keuangan Dwita Ariani untuk menjelaskan pentingnya manajemen keuangan.

“Melalui asistensi ini, Bekraf berharap para pelaku UKM kreatif menyadari pentingnya membuat pembukuan laporan keuangan. Dengan laporan keuangan yang benar, mereka mampu menentukan kuputusan yang tepat bagi usaha mereka, termasuk mengakses pembiayaan dari perbankan,” papar Restog.*dwi/bisniswisata.co@gmail.com

LEAVE A REPLY