Bekraf Lahirkan 20 Desainer Muda Indonesia Bertalenta

0
176

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Sebanyak 20 desainer muda bertalenta terpilih dalam Orbit 2017 program unggulan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Sasaran program ini menjadi wahana bagi para desainer muda lndonesia bertalenta untuk tumbuh berkembang secara maksimal melalui program pengembangan.

“Orbit merupakan seleksi desainer, bukan audisi. Program ini menjadi wadah desainer muda untuk tumbuh berkembang, berkelanjutan mampu berkontribusi terhadap bahasa dan negara. Kriterianya sangat mudah yaitu memiliki desain orginial, tidak plagiat,” papar Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia ( Bekraf) Ricky Joseph Pesik dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (13/08/2017).

Setelah terpilih, lanjut dia, Bekraf membantu mengorbitkan dan menfasilitasi talenta baru untuk menjadi desainer terbaik Indonesia. Para desainer terpilih itu akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan bakatnya mereka.

Kedua puluh desainer muda hasil seleksi para kurator akan diberikan pendampingan dan pelatihan mentor yang berkompeten sesuai dengan bidang profesi seperti desain Arsitektur, Desain interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion, Desain Tata Cahaya, Desainer Produk, Desain Tekstil, Kriya dan Lanskap.

Poppy Savitri, Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf menambahkan pemerintah semakin peduli dengan para pemuda yang berprestasi, dengan memberikan wadah berkarya. Program Orbit bagaimana meningkatkan kapasitas desainer muda, yang diharapkan mampu bersaing dengan desainer terdahulunya baik di dalam dan luar negeri.

Dilanjutkan ada beberapa tahapan penyeleksian. Tahap 1 di bulan Juli minggu ke-4 nominator dan wawancara di hadapan tim kurator dimana peserta wajib membawa maket atau purwarupa. Tahap 2 bulan Agustus minggu ke-1. Penetapan 20 desainer terpilih akan langsung menjalani program inkubasi dengan tujuan pelatihan dan penyempurnaan maket/dummy/mock up/puwarupa yang mereka buat.

Tahap 3 Agustus minggu ke-2 desainer terpilih berhak atas program pengembangan kapasitas di dalam dan di luar negeri serta akan dilibatkan pada program-program Bekraf.

BeKraf sebelumnya menggulirkan program yang inspiratif bertajuk ‘IKKON’ (Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara) kali ini dilanjutkan menggulirkan program inspiratif lainnya bertajuk ‘ORBIT’, tambahnya.

Hastjarjo Boedi Wibowo, salah satu kurator Orbit mengatakan final Orbit terseleksi 20 designer terpilih dari 450 aplikan dari berbagai daerah yang mempunyai ruang lingkup di bidang yakni arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain fashion, desain tata cahaya, desain produk, desain tekstil, kriya dan lansekap.

Orbit memiliki tim panitia berkompeten di bidangnya seperti Mochammad Refrajaya (Desainer Interior), Mizan Allan De Neve (Desainer Produk), Nuniek Mawardi (Desainer Fashion), Areif Budiman (Desainer Komunikasi Visual) dan Eko Prawoto (Arsitek) dan juga para tim kurator seperti Francis Surjaseputra (Desainer Interior), I. Hastjarjo Boedi Wibowo (Desainer Komunikasi Visual), Ali Charisma (Desainer Fashion), Andrie Trisaksono (Desainer Produk), Muhammad Sagita (Arsitek) dan Kahfiati Kahdar (Desainer Tekstil). (ndik)

LEAVE A REPLY