Batam Tourism Polytechnic (BTP) Fasilitasi Naiknya Minat Masyarakat Berkiprah Di Industri Wisata

0
171

Minat masyarakat berkiprah di industri pariwisata membuat BTP buka kekas malam pula.

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sedikitnya 150 mahasiswa baru telah bergabung dengan Batam Tourism Polytechnic (BTP) untuk memenuhi pasar kerja diluar negri terutama perusahaan kapal pesiar ( cruiseline), M. Nur A Nasution, Direktur kampus BTP, hari ini.

“Kami banyak mendapat permintaan dari luar negri seperti Timur Tengah serta dari cruiseline sehingga banyak pekerja dan masyarakat umum yang ingin bergaji puluhan juta per bulan di bidang wisata kini banyak mengikuti perkuliahan di Batam Tourism Polytechnic (BTP),” tambahnya.

Sebagai gambaran, ujarnya, mahasiswa semester 4 yang tengah magang di hotel-hotel di Doha, Qatar, Dubai saat ini sudah ditawari kerja di Beverly Hills, USA dengan tawaran gaji US$ 3000/ per bulan. Mereka yang belum menyelesaikan kuliah saja sudah laris.

“ Kami punya jaringan hotel di darat dan di kapal-kapal pesiar yang siap menampung SDM hasil didikan BTP. Oleh karena itu berkarir di industri pariwisata memang sangat menjanjikan,” ungkap Nur.

Dunia hospitality memang kini lebih menjanjikan dengan lapangan pekerjaan yang terbuka lebar bagi mahasiswa BTP setelah dilatih menjadi seorang profesional dibidangnya sehingga peluang memperoleh pendapatan puluhan juta per bulannya bukan sekedar impian.

“Industri pariwisata tumbuh pesat bahkan diantara wisatawan nusantara sudah menjadi bagian dari lifestyle. Di saat industri berat mengalami penyusutan, masyarakat terutama para lulusan SMA melihat  yang menghasilkan puluhan ribu dolar saat ini adalah dunia pariwisata,”

Kampus yang asri dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi mahasiswa tersebut terletak di Jalan Gajah Mada, Komplek Tiban Ayu. Kampus yang didesign dengan konsep kenyamanan terpadu.

Besarnya minat untuk berkiprah di industri pariwisata terutama perhotelan membuatnya juga membuka kelas malam untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat umum yang mungkin sudah bekerja di siang harinya sehingga dapat diakomodasi untuk meningkatkan kompetensinya.

Saat ini, lanjutnya, jurusan culinary management serta jurusan room division dan management yang dibuka. Namun dia mengatakan karena keterbatasan tempat, pihaknya membatasi pendaftaran hingga 28 Agustus.

Menurutnya, pendaftaran mahasiswa baru yang mendaftar untuk tahun ajaran ini telah memenuhi target 4-5 kelas. Tapi pihaknya masih memberi kesempatan. “Kami masih memberi kesempatan untuk anak-anak muda yang punya pola pemikiran maju dalam industri pariwisata,”

Bagi mereka yang ingin menekuni pendidikan profesional lebih dulu maka pihaknya juga memfasilitasi  program berjenjang dari sarjana D3 ke D4 Pariwisata yang merupakan gagasan baru dan pendaftaran telah dibuka sejak awal April 2017.

Program ini dibuka khusus jurusan Culinary Management dan Room Division untuk para sarjana D3 agar bisa  meningkatkan karir dan menambah ilmu pengetahuan sehingga mereka punya gelar, akademis.

“Jadi mereka  tidak hanya berkerja tapi untuk meningkatkan karir dan menambah pengetahuan juga bahkan mungkin juga menjadi pengajar yang saat ini sangat dibutuhkan mereka yang tahu teori dan praktek. Tahu lapangan dan mengikuti perkembangan,” tandas M. Nur A Nasution. 


   



LEAVE A REPLY