Batam Tourism Politechnic Cetak Pekerja Hotel yang Handal

0
496

BATAM, bisniswisata.co: Dunia pendidikan perhotelan di Indonesia maju selangkah lagi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meresmikan politeknik pariwisata pertama di Indonesia, Batam Tourism Politechnic (BTP), di Batam Kepulauan Riau.

Politeknik ini iharapkan dapat menghasilkan pekerja-pekerja bidang perhotelan yang profesional, sehingga dapat mengisi lowongan pekerjaan di dunia perhortelan yang ada dalam negeri maupun luar negeri.

“Dalam pertemuan Menteri Pendidikan se-ASEAN dan ASEAN Plus beberapa waktu lalu, negara-negara ASEAN sepakat menerapkan standar rancangan kerja untuk tenaga kerja menjelang pemberlakuan Maysarakat Ekonomi ASEAN 2015. Dan BTP ini menjawab tantangan itu,” papar Mendikbud dalam keterangan tertulis yang diterima bisniswisata.co, Selasa (16/09/2014).

Dilanjutkan BTP diharapkan dapat membuat kualifikasi dan standar khusus pekerja perhotelan yang mampu bersaing dengan pekerja dari luar negeri.

Asman Abnur, pendiri BTP juga anggota Komisi X DPR RI menambahkan politeknik perhotelan itu diharapkan dapat mengisi kebutuhan tenaga kerja perhotelan di Indonesia dan negara-negara jiran. Selain Indonesia BTP juga diharapkan dapat menelurkan pekerja pariwisata yang bisa berkarir di Singapura.

“Beberapa kali menyebrang ke Singapura, saya melihat tenaga servis publik, bandara, hotel dan lainnya diisi warga negara Filipina, kenapa Batam yang berjarak hanya 45 menit tidak memanfaatkan ruang ini,” jelasnya.

Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengapresiasi pendirian BTP di Batam, yang diharapkan dapat mengembangkan pariwisata di kota Batam juga Indonesia, dengan menyiapkan tenaga-tenaga handal.

“Kepri ini komplet pariwisatanya, mulai dari objek wisata, pantai, sejarah, budaya kesenian, termasuk kuliner, makanan. Untuk kuliner saja, kita bisa naikan ke depan, diatur hingga bisa bertaraf internasional,” kata dia.

Pemprov Kepri mencatat terdapat 386 hotel di Kepri, sebanyak 72 di antaranya berbintang. Seluruh hotel itu membutuhkan tenaga profesional untuk menyukseskan pariwisata di Kepri.

BTP berdiri di lahan sekitar 3,5 hektare dari 13,8 hektare yang disiapkan untuk seluruh fasilitasnya. Pada tahap awal, BTP menyediakan program DIII jurusan “Room Division Management”, “Food and Beverage Management” dan “Culinary Management”. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY