Banjarmasin Jaring Wisnus di Jateng & Tangerang

1
356

SEMARANG, test.test.bisniswisata.co.id: Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Banjarnasin melakukan roadshow dan table top dengan kalangan industri Jawa Tengah (Jateng) dan Kota Tangerang Selatan 22-24 Maret 2016 untuk menjaring wisatawan nusantara (wisnus) sekaligus mempromosikan ibukota Kalimantan Selatan itu sebagai tujuan wisata.

“Kota Banjarnasin memiliki obyek wisata baru seperti Menara Pandang Sungai Martapura dan patung hewan primata Bekantan yang menjadi ikon serta menjadi tujuan wisata,” kata Kabid Parsenibud Kota Banjarmasin, Drs Doddy Herlianto, hari ini.

Pihaknya juga memiliki event-event tahunan yang menarik dan bisa dinikmati wisatawan nusantara seperti Festival Kemilau Banjarmasin Bungas yang diselenggarakan dari Juli-September 2016 dengan berbagai kegiatan pawai, aneka lomba, festival kuliner, Banjarmasin Nite Carnival hingga lomba menyanyi sambil menyusuri sungai (Song of the River).

Menurut Doddy, Menara Pandang Sungai Martapura yang terlihat jelas dari samping Sungai Martapura diresmikan Juni 2014 lalu dimana turis bisa menyaksikan pemandangan pusat kota. Lokasinya di sekitar Siring Pierre Tendean dan tak jauh dari sini juga berdiri ikon baru patung Bekantan setinggi 6,5 meter. Di Kalimantan Selatan, hewan ini tersebar di hutan-hutannya seperti di Pulau Bakut, misalnya.

“Dari Menara Pandang banyak yang bisa dilihat seperti lalu lintas jukung (perahu), gaya hidup masyarakat hingga bangunan rumah tua yang dibangun tahun 1920 dan menjadi objek yang menarik di sebelah Menara Pandang Sungai Martapura Kota Banjarmasin, “ kata Doddy.

Kunjungan roadshow Disbudpar Kota Banjarmasin dipimpin Kabid Pemasaran Drs Doddy Herlianto dengan rombongan sebanyak 26 orang membawa serta industri pariwisata yaitu hotel dan biro perjalanan wisata yang langsung melakukan table top menjual paket-paket wisata di Banjarmasin.

Kegiatan diawali dengan pertemuan ramah tamah dengan anggota Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Jateng. Ketua Asita Jateng, Joko Suratno yang hadir di roadshow ini optimistis kegiatan mendorong pergerakan wisatawan nusantara diantara kedua provinsi akan meningkat.

“ Kami akan dukung dengan mengirimkan 2500 wisnus dan siap mengajak teman-teman industri wisata di Jateng memasarkan produk wisata Kota Banjarmasin,” usai MOU dengan Asita Kalsel diwakili Wakil Ketua Adita Kalsel, Dra Hj Ristiaty Fairid disaksikan Doddy dan perwakilan Disbudpar Kota Semarang.

Ristiaty yang juga Managing Director Annisa Tour Banjarmasin mengatakan dalam tabel top pihaknya menawarkan beberapa paket wisata berkaitan dengan event Kota Banjarmasin diantaranya Paket Lebaran 3 hari 2 malam, Paket event HUT Kota Banjarmasin pada 23 – 25 September 2016 dengan berbagai event budayanya.

Acara yang dihadiri 50 perwakilan hotel dan biro perjalanan ini ditutup dengan pembagian doorprize kepada buyer peserta table top. Hadiah menarik adalah paket tour ke Kota Banjarmasin selama 3 hari 2 malam dengan fasilitas hotel dan pelayanan tour.

Titah Listiorini,Dirut PT PRPP Jateng yang mengelola kawasan wisata mengatakan langkah Disparsebud Kota Banjarmasin melakukan roadshow ditanggapi dengan antusias oleh industri wisata Kota Semarang.
Mereka yang datang adalah para pelaku yang sudah siap dengan paket-paket wisata sehingga kegiatannya efektif dan effisien.

“Bagi kami dan bu Risty yang sama-sama berkecimpung di Gerakan Nasional Sadar Wisata (Gernasta) juga akan saling mendukung program dengan melakukan kunjungan dan pelatihan sadar wisata agar masyarakat di tujuan wisata bisa menjadi tuan rumah yang baik. (hildasabri@yahoo.com).