Bango Lestarikan Warisan Kuliner Nusantara via Media Digital

0
709

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Perhatian Bango, merek kecap ternama di Indonesia terhadap kuliner nusantara, luar biasa. Kecap produksi PT Unilever Indonesia Tbk ini, punya komitmen tinggi untuk melestarikan warisan kuliner dengan berbagai inovasi, aktifitas dan terobosan. Selain melestarikan, juga mengajak lebih banyak lagi pecinta kuliner untuk mengenal warisan kuliner dari berbagai pelosok bumi pertiwi.

Kini Bango memanfaatkan media digital, berupa website www.bango.co.id serta aplikasi mobile Warisan Kuliner. Kedua media digital ini, akan membantu pengguna gadget di Indonesia guna menemukan berbagai makanan-makanan khas Indonesia dengan mudah, praktis dan cepat.

Sebenarnya, Bango sendiri sudah lama meluncurkan media digital kuliner nusantara. Namun, sesuai perkembangan teknologi, inovasi, informasi baru sehingga perubahan data perlu terus diperbaiki.

“Di tengah era digital, pencarian informasi secara cepat dan instan menjadi suatu kebiasaan dan kebutuhan yang tak terpisahkan dari keseharian kita, termasuk mencari informasi mengenai ragam kuliner. Saat ini, kuliner telah merambah dunia digital dengan cepat,” papar Nuning Wahyuningsih, Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia Tbk

Dilanjutkan ranah digital menjadi sumber informasi yang cepat untuk mencari tau mengenai ragam kuliner yang ingin kita nikmati. Bahkan, informasi kuliner maupun pengalaman kuliner yang kita alami setiap hari juga dapat kita sebarkan ke semua orang melalui ranah digital.

“Melihat tren tersebut, Bango semakin percaya bahwa ranah digital adalah saluran yang sangat efektif untuk mengenal dan melestarikan warisan kuliner Nusantara. Untuk itu, tahun ini kami memutuskan untuk menyempurnakan dua aset digital kami,

yaitu mobile application Warisan Kuliner dan www.bango.co.id sehingga mampu memberikan pengalaman kuliner yang lebih mudah dan menyenangkan kepada para pecinta kuliner,” lanjut Nuning.

Untuk mobile apps Warisan Kuliner, lanjut dia, Bango menambah lebih banyak fitur dan fasilitas baru di dalamnya seperti; fitur Kuliner Terdekat, Tunjukkan Jalan dan Berbagi Kuliner. “Penambahan ini menjadikan aplikasi Warisan Kuliner sebagai satu-satunya mobile apps yang sangat terfokus pada penelusuran keberagaman warisan kuliner Nusantara,” ucapnya.

Juga satu-satunya mobile apps yang lebih berfokus pada penjaja kuliner legendaris dan otentik dibandingkan rumah makan modern yang sudah lebih mapan. Hal unik lainnya, mobile apps ini juga memberikan beragam promo menarik bagi para penggunanya, seperti promo istimewa di sederetan merchant yang menjadi mitra Bango seperti: Es Teler 77, Ayam Bakar Mas Mono, dan lain-lain.

Riska Putri Gayatri, Asisten Brand Manager Bango mengatakan peluncuran dua aset digital ini, diharapkan mampu memudahkan para pecinta kuliner untuk lebih mengenal, menikmati dan membagi pengalaman kulinernya bersama orang lain dengan fitur yang disediakan.

Untuk mobile apps Warisan Kuliner, Bango menambah lebih banyak fitur dan fasilitas di dalamnya, seperti Kuliner Terdekat (fitur yang memberi rekomendasi untuk menunjukan tempat kuliner mana yang berada dekat dengan lokasi pengguna), Tunjukan Jalan (fitur untuk menunjukan jalan terdekat yang bisa diambil pengguna untuk menuju tempat kuliner yang direkomendasikan.

Lalu, Berbagi Kuliner (fitur yang memungkinkan penggunanya berbagi kuliner yang pernah ia nikmati dalam bentuk foto dan review). “Mobile apps Warisan Kuliner Bango memiliki perbedaan dengan aplikasi kebanyakan, karena lebih fokus pada review kuliner Indonesia daripada kuliner modern,” kata Riska.

Selain Mobile apps Warisan Kuliner, Bango juga meluncurkan situsnya, www.bango.co.id untuk memberi inspirasi dan [engetahuan tentang kuliner. Dalam website ini, pencinta kuliner dapat menemukan resep, tips mengolah makanan, video kuliner, ekspedisi kuliner maupun jajanan, tandasnya.

Aset digital Bango lainnya, yaitu situs www.bango.co.id juga menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya Bango untuk menyebarluaskan semangat pelestarian warisan kuliner Nusantara. Para pecinta kuliner khususnya para ibu bisa mendapatkan berbagai jenis inspirasi dan pengetahuan yang lebih lengkap lagi untuk dapat berperan aktif melestarikan warisan kuliner Nusantara di rumah, antara lain: Resep, Tips, Ada Apa di Dapurmu?, Video Kuliner, Jajanan, dan Ekspedisi Kuliner.

Martin Niens, Digital Strategist dari Arcade selaku developer kedua aset digital menambahkan angka pengguna smartphone di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya berkembangnya gaya hidup masyarakat modern. Indonesia kini tengah menduduki peringkat kelima sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia, di mana sekitar 80% dari masyarakat perkotaan di Indonesia memiliki perangkat mobile, khususnya smartphone.

”Kedua aset digital Bango ini, menjadi sangat relevan melihat masyarakat Indonesia kini menggunakan smartphone untuk mengeksplor dan mencoba hal-hal baru untuk kemudian membagikan informasinya kepada orang-orang sekitar melalui medium seperti akun social media, blog, website, termasuk pula mobile apps yang menarik dan mudah digunakan,” jelasnya.

Karena itu, langkah Bango dalam memperkuat misinya melestarikan warisan kuliner Nusantara melalui fasilitas digital yang mudah dan menyenangkan untuk digunakan sebagai panduan kuliner sangatlah tepat. sambungnya.

Christian Sugiono, seorang selebriti, pecinta kuliner sekaligus pengamat perkembangan teknologi digital, menilai kehadiran fasilitas seperti mobile apps Warisan Kuliner ini sangat bagus, karena selain dapat membantu kita mengenal berbagai ragam kuliner khas Nusantara dan ikut melestarikannya, fitur dan fungsinya juga dapat langsung menjawab kebutuhan masyarakat modern

“Tampilan yang user-friendly, fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan, serta promo-promo yang diberikan semakin membuat kita tidak lagi ragu untuk menjadikan mobile apps ini sebagai panduan dikala lapar.” ucapnya.

“Tak kalah menariknya, di saat yang sama para pelaku usaha kuliner seperti saya dan istri tercinta juga akan sangat diuntungkan karena dengan adanya mobile apps ini usaha makanan kami akan semakin dikenal, sehingga akan semakin sering dibicarakan dan dikunjungi pelanggan-pelanggan baru,” lanjut Christian. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.