Bandara Ngurah Rai Tutup , Jadual Ulang atau “Refund”

0
101

BALI, bisniswisata.co.id,- DITUTUPNYA layanan di Bandara Ngurah Rai mulai pukul 07.00 wita Senin 27 November, mengakibatkan  penumpukan penumpang yang memenuhi terminal keberangkatan domestik mau pun internasional bandara tersebut.  Menghindari situasi tak nyaman, pihak  Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melokalisir penumpang di ruang chek in dan ruang tunggu.

Pihak Angkasa Pura I Ngurah Rai juga menyediakan bus untuk alih moda transportasi para calon penumpang dengan tujuan terminal Mengwi dan pelabuhan Padang Bai atau kembali ke hotel. Tersedia  pusat informasi layanan refund dan reschedule tiket, counter khusus konsulat untuk melayani kebutuhan warga negaranya masing-masing, memberikan hiburan berupa musik dan tarian tradisonal Bali serta layanan tambahan berupa minuman dan makanan ringan.

“Hingga pukul 11.30 WITA, tercatat pergerakan penumpang pesawat terdampak yang melakukan alih moda transportasi menggunakan transportasi darat, sebanyak 2 bus dengan total 135 penumpang menuju Mengwi, 1 mobil berisi 4 penumpang menuju Padang Bay, 14 penumpang registrasi menuju Surabaya,“ kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi.

Selain menyiagakan bus bagi penumpang terdampak untuk melakukan alih moda transportasi menuju daerah tujuan, pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali juga menyediakan bus di area ke berangkatan internasional untuk membawa penumpang kembali ke hotel.

Selain terdapat pembatalan kedatangan rute internasional 97 penerbangan, keberangkatan 99 penerbangan, keberangkatan domestic 125 penerbangan dan kedatangan 124 penerbangan, juga terdapat 10 penerbangan yang melakukan pengalihan pendaratan (divert).

Terkait proses pelayanan imigrasi, lanjut Israwadi, sesuai hasil koordinasi dengan kantor imigrasi setempat, penumpang internasional yang sudah melewati proses imigrasi keluar (keluar dari wilayah Indonesia), diberikan exit pass yang berlaku selama 1 minggu. Untuk selanjutnya, pengurusan perpanjangan selama 1 bulan dilakukan di Kantor Imigrasi. Bagi penumpang internasional yang belum melewati proses imigrasi, dapat mengurus perpanjangan selama 1 bulan di Kantor Imigrasi.

Hingga pukul 11.30 WITA, seluruh aktivitas penanganan penumpang, baik domestik mau pun internasional, telah direlokasi ke area publik. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kepadatan di lantai 2 airlines counter dalam melayani penumpang internasional untuk melakukan reschedule. Beberapa titik di terminal juga telah kosong seperti boarding lounge dan commercial area.

Kudapan dan Minum  

 

Menangani penumpang yang tertunda keberangkatannya tersebut, pengelola terminal bandara Ngurah Rai telah menyiagakan fasilitas untuk proses Refund dan Reroute Ticket dengan 10 meja Customer Service di Domestik dan Customer Service di Internasional 20 unit meja dilengkapi peralatan pendukung.

Bagi penumpang yang sudah melakukan proses check-in, pengambilan bagasi diarahkan menuju conveyor bagasi di ruang kedatangan domestik dan internasional. Menunggu proses pendataan, penumpang disiapkan makanan dan minuman serta hiburan ringan. *Dwi

LEAVE A REPLY