Bandara Ngurah Rai Ditutup Sampai Sabtu Siang

0
1016

MANGUPURA, test.test.bisniswisata.co.id – PIHAK Pt Angkasa Pura I Ngurah Rai kembali memperpanjang penutupan layanan bandara sampai Sabtu 11 Juli pukul 12.00,- Operator penerbangan dan penumpang yang masih bertahan diterminal keberangkatan diminta menunggu pemberitahuan selanjutnya.
Seperti diketahui bandara Ngurah Rai, bandara Banyuwangi, bandara Jember dan bandara Lombok (Seleparang dan BIL), sejak Kamis (9/7) jam 21.00 wita ditutup baik untuk keberangkatan mau pun kedatangan. Penerbangan menuju Bali dialihkan ke Juanda Surabaya dan Makasar.
11 bandara
’Force majeure ya, kita (operator) tidak bisa banyak membantu, jika ada yang reschedule atau minta di refund ticketnya, kami siap. Jika penumpang adalah wisatawan asing, kami bantu mencarikan hotel,’’ demikian dijelaskan sumber test.test.bisniswisata.co.id dari Lion dan Wings Air Bali.
‘’Kami memilih menggunakan angkutan darat lewat Surabaya,’’ ungkap dua gadis asal Jogyakarta yang usai mengikuti program magang 300 hari di Rumah Intaran, Desa Bengkala, Singaraja. Rofida Amalia dan Hafshah Hafshah Hafidza Noer, menjadi salah dua dari sekian ribu penumpang angkutan udara rute domestik mau pun internasional yang tertunda keberangkatannya akibat debu letusan gunung Raung Jawa Timur.
Belum ada kepastian hal keberangkatan, sementara tiketnya hanya bisa resechedule untuk Senin (13/7), akhirnya memilih menggunakan bus malam dari terminal Ubung, tuturnya kepada kerabat di kampung halaman dan keluarga rumah asuh di Singaraja melalui laman media sosialnya.
Sementara disejumlah hotel di kawasan Kuta Selatan, diinapkan penumpang- penumpang penerbangan internasional. ‘’Kami menerima wisatawan dari Jepang, hitungannya permalam. Karena belum ada kepastian, kapan keberangkatan bisa dilakukan,’’ ungkap Jeffry Wibisono, GM Alaya Kuta.

Keamanan
Penjelasan resmi yang disampaikan Administrator Bandara Ngurah Rai, Trikora Harjo mau pun dari Director Safety and Security Indonesia Xtra, Jurry Soeryo Wiharko bahwa penutupan diberlakukan untuk kepentingan keamanan. Pasalnya informasi radar yang dikeluarkan Astan dan VAAC bahwa dampak letusan gunung Raung dengan ketinggian debu vulkanik mencapai 17 ribu-20 ribu kaki kearah Timur, sangat membahayakan bagi penerbangan.
Tercatat pada Jumat (10/7) Ngurah Rai secara normal melayani penerbangan 160 flight rute domestic dan 117 flight rute internasional. Jika pada hari- hari sebelumnya penerbangan ke dan menuju Bali dapat dilakukan dengan pengalihan rute, pada Jumat situasi sudah tidak memungkinkan, ketebalan debu vulkanik sudah tidak dapat ditolerir, jelas Jurry Soeryo Wiharko.
Untuk membantu operator penerbangan pihak pengelola bandara Ngurah Rai membebaskan bea parkir bagi pesawat yang diinapkan. Terdapat 16 ruang parkir pesawat disisi Selatan dan 37 ruang parkir di sisi Utara run way bandara Ngurah Rai. Pengelola bandara juga menyediakan layanan krisis center di terminal internasional customer service di 0361 9351011 ext 6309 dan di domestik di cek in are ext 4173. (Dwi: bisniswisata.co@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.