Bandara masih Tutup, Wings Air Terpaksa Berputar-putar 20 Menit di Angkasa

0
301
Bandara Frans Seda Maumere NTT, masih tutup (Foto: www.backpangineer.com)

MAUMERE, test.test.bisniswisata.co.id: Pesawat Wings Air jenis ATR 72 dengan nomor penerbangan IW 1821 tujuan Kupang-Maumere-Denpasar, sempat tertahan selama 20 menit di udara sebelum mendarat di Bandara Udara Frans Seda, Maumere, kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penyebabnya, bandara belum dibuka karena masih pagi juga petugas menara pengawas diduga tak berada di tempat saat pesawat akan melakukan pendaratan.

Salah seorang penumpang pesawat juga Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupate Sikka, Yosep Benyamin, mengatakan, dia bersama sekitar 40 penumpang lainnya terpaksa berputar di atas udara selama sekitar 20 menit akibat pesawat yang tak bisa mendarat.

“Pesawat yang kami tumpangi dari Kupang menuju Maumere itu tidak bisa langsung mendarat dan kami berputar-putar selama 20 menit di atas Bandara karena menurut informasi pilot itu bandara belum dibuka dan pilot menyampaikan permohonan kepada penumpang,” kata Benyamin, Jumat (17/6/2016).

Bahkan, lanjut dia, saat menyampaikan pengumuman permintaan maaf kepada penumpang, pilot menyatakan Bandara Maumere adalah bandara termalas di dunia. Saat itu, semua penumpang berteriak kesal.

Dengan kejadian ini, Benyamin mengaku dirinya sudah tiga kali mengalami hal yang sama. “Saya meminta agar kepala bandaranya dipecat saja karena ini pelayanan publik dan menyangkut keselamatan penumpang. Bagaimana sampai terjadi kecelakaan tentu akan menjadi masalah besar,” ucapnya.

Terkait hal itu, Kepala Bandara Frans Seda Maumere, Yohanes Keraf, menjelaskan bahwa pesawat batal mendarat lantaran bandara belum dibuka pada hari itu. “Pesawat itu berangkat dari dari Kupang lebih awal dan masuk ke bandara Maumere pada saat jam operasinya belum dibuka sehingga dari pihak tower belum mengizinkan untuk landing. Di bandara mulai beroperasi pada pukul 8.00 Wita,” katanya seperti dikutip laman Kompas.com. (*/KMP)

LEAVE A REPLY