Bandara Malang Ditutup, Penerbangan Dibatalkan

0
1590
Bandara Abdurahman Saleh Malang

SURABAYA, test.test.bisniswisata.co.id: Bandara Abdurahman Saleh-Malang mulai Jumat pukul 09.30 WIB ditutup sementara. Penutupan ini bersumber dari meningkatnya aktivitas Gunung Tengger Caldera, yang terus mengeluarkan abu vulkanik sehingga menganggu jalur penerbangan di wilayah ini.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan tertulis mengatakan penutupan bandara tersebut sesuai dengan Notam nomor C3876/15. “Malang mulai hari ini Jumat pukul 09.30 WIB sampai estimasi Sabtu (12/12) pukul 09.30 WIB,” katanya di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Barata mengatakan kondisi sewaktu-waktu bisa berubah. Dihimbau bagi masyarakat yang selama ini menggunakan pesawat udara ke kota Malang, agar bisa memanfaatkan moda lain untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Puluhan penumpang pesawat Sriwijaya Airlines dari Bandara Abdul Rachman Saleh kecewa berat dengan pembatalan yang dianggap sangat mendadak. Apalagi tiket pesawat tidak bisa dicairkan dengan uang tunai, malah diganti voucher penerbangan selama setahun.

Kepala Distrik Sriwijaya Malang, Yusri Hamzah menjelaskan pembatalan penerbangan murni faktor bencana alam. Jalur penerbangan Malang-Jakarta tertutup erupsi abu vulkanik Gunung Bromo. Demi keselamatan penumpang, otoritas bandara memerintahkan semua operator membatalkan jadwal penerbangan. “Sebenarnya kami siap berangkat, tapi seketika otoritas bandara meminta pembatalan. Waktu itu juga kami umumkan, makanya cukup mendadak pemberitahuannya,” kata Yusri.

Pihaknya tidak dapat berbuat banyak. Berbeda jika pembatalan akibat kerusakan teknis pesawat maupun ada gangguan yang disebabkan operator. Calon penumpang yang batal berangkat, jelas dia, tiketnya diganti dengan voucher. Bagi yang jadwal pemberangkat siang dan sore dialihkan ke Bandara Juanda, Sidoarjo. “Voucher-nya berlaku satu tahun, bisa ditukar tiket baru. Bisa juga diuangkan, namun prosesnya lama. Tidak langsung seketika cair,” terangnya. (*/e)

LEAVE A REPLY